TribunJogja/

Ramadan 1438 H

Ingin Atasi Pusing Saat Puasa? Simak Tips Berikut

Ia menyarankan untuk mengenali dulu penyebab sakit kepala agar bisa tahu bagaimana cara penangananya.

Ingin Atasi Pusing Saat Puasa? Simak Tips Berikut
Tribun Jogja/ Gilang Satmaka
dr. Airin Anggelina, Sp.S (Kanan), saat berbagi tips dalam acara ngaji sehat on facebook di rumah sakit JIH, Rabu (7/6/2017) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Acara Ngaji Sehat Bareng rumah sakit JIH edisi Rabu (7/6/2017)  kali ini berbagi tips mengenai bagaiamana cara menghalau pusing saat puasa.

Menghadirkan dr Airin Anggelina, Sp.S, sebagai narasumber, acara yang berlangsung pada pukul 17.00 hingga 17.30 WIB didampingi oleh dr Bambang Hastha Yoga, Sp. KJ selaku moderator.

Selaku dokter spesialis syaraf, Airin, menyampaikan beberapa tips tentang cara menghindari pusing saat puasa.

Dalam Acara yang berlangsung di lobby timur rumah sakit JIH tersebut, ia menyampaikan bahwa, saat bulan puasa banyak sekali keluhan tentang sakit kepala.

Ia menyarankan untuk mengenali dulu penyebab sakit kepala agar bisa tahu bagaimana cara penangananya.

" Saat kita merasa pusing saat berpuasa, itu berati karena tubuh kekurangan cairan dan kurangnya kadar gula dalam darah, hal tersebut juga serung terjadi pada orang-orang yang suka mengkonsumsi kopi," ujar Airin.

Ia juga menambahkan jika pusing penyebabnya karena dehidrasi, saat sahur dianjurkan untuk banyak meminum air putih.

"Kalau teh atau kopi sebaiknya diminum saat berbuka puasa, karena sehabis berpuasa glukosa dalam darah akan menurun," tambah Airin.

Airin juga menganjurkan untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum masa berpuasa. Lalu mengatur jumlah konsumsi gula jangan terlalu berlebih.

"Pada penderita sakit maag sebaiknya manfaatkan saat sahur secara efektif. hindari makanan-makanan yang mempunyai tingkat keasaman tinggi," tambahnya.

Halaman
12
Penulis: gsk
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help