TribunJogja/

Daftar BJPS Cukup ke Kecamatan di Banyuwangi

Kerja sama tersebut dilakukan agar masyarakat tidak perlu pergi ke kota untuk mengurus kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Daftar BJPS Cukup ke Kecamatan di Banyuwangi
BPJS
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemkab Banyuwangi bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ( BPJS) untuk membuka akses pendaftaran Jaminan Kesehatan Nasional di kantor kecamatan di Kabupaten Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, kerja sama tersebut dilakukan agar masyarakat tidak perlu pergi ke kota untuk mengurus kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Untuk masyarakat yang tinggal di desa cukup mendaftar ke kantor kecamatan, tidak perlu jauh-jauh ke kota. Tidak makan waktu juga. Bahkan kartu BPJS juga bisa diambil ke kecamatan atau diantar langsung ke rumah pendaftar," jelas Anas, Rabu (7/6/2017).

Menurutnyan, kerja sama ini dirintis untuk memudahkan masyarakat mengikuti program cakupan kesehatan secara menyeluruh (universal health coverage) yang telah dicanangkan pemerintah pusat.

Dia juga berharap dengan pendaftaran di kantor kecamatan, akses pendaftaran ini bisa menambah coverage masyarakat Banyuwangi peserta BPJS.

"Kita selalu sosialisasi kepada masyarakat agar masyarakat memiliki kartu JKN karena jika sakit biaya sudah ditanggung oleh asuransi. Jadi kalau sakit tidak terbebani lagi dengan biaya," jelas Anas.

Sementara itu, Kepala Devisi Regional VII BPJS Jatim dr Handaryo mengatakan, Banyuwangi telah menjadi pilot project program universal health coverage dari pemerintah pusat untuk kawasan Jawa Timur.

Ia menjelaskan, Banyuwangi dipilih karena pelayanan publik di daerah itu telah mencapai tingkat kecamatan hingga desa.

Terkait pendaftaran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di kantor kecamatan, pihak BPJS telah melatih tenaga khusus yang akan ditempatkan di kecamatan untuk melayani masyarakat yang akan mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS.

"Syaratnya adalah membawa fotokopi KTP, kartu keluarga (KK). Setelah mendaftar mereka akan mendapatkan virtual account (VA) JKN sebagai bukti pendaftaran. Untuk prosesnya sekitar 2 minggu dan kartu JKN nanti akan dikirim langsung ke alamat pendaftar," pungkasnya. (*)

Berita ini dimuat di kompas.com dengan judul "Di Banyuwangi, Daftar BPJS Kini Bisa ke Kantor Kecamatan"

Editor: dik
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help