TribunJogja/

Gelombang Tinggi Sebabkan Abrasi Sepanjang 100 Meter di Pesisir Pantai Selatan Gunungkidul

Kuatnya tenaga gelombang menyebabkan garis Pantai Baron menjadi terkikis dan mengalami abrasi 100 meter di sepanjang bibir pantai.

Gelombang Tinggi Sebabkan Abrasi Sepanjang 100 Meter di Pesisir Pantai Selatan Gunungkidul
Tribun Jogja/ Rendika Ferri K
Nelayan pantai Baron, Gunungkidul, mengungsikan kapal mereka ke tempat lebih tinggi untuk mengantisipasi gelombang tinggi yang terjadi Minggu (4/6/2017) sampai Senin (5/6/2017). 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Gelombang tinggi setinggi 17 kaki atau sekitar lima meter yang menerjang Pantai Selatan Gunungkidul menyebabkan pada Minggu (4/6/2017) hingga Senin (5/6/2017), menyebabkan terkikisnya garis pantai Baron, Gunungkidul.

Koordinator SAR Satlinmas Korwil II, Marjono, mengatakan, gelombang tinggi yang menerjang sepanjang Pantai Selatan Gunungkidul mencapai tinggi 17 feet atau sekitar lima meter.

Ia mengatakan, kuatnya tenaga gelombang menyebabkan garis Pantai Baron menjadi terkikis dan mengalami abrasi 100 meter di sepanjang bibir pantai.

"Bibir pantai terkikis sepanjang 100 meter dengan kedalaman kurang lebih satu meter. Lapisan tanah hilang akibat tergerus oleh gelombang air laut," ujar Marjono, Senin (5/6/2017).

Lanjut Marjono, gelombang tinggi mengakibatkan aliran sungai yang bermuara di pantai tersebut berubah ke timur, setelah sebelumnya ke selatan.

"Lapisan pasir yang ada di pantai tergerus oleh aliran sungai juga," ujar Marjono. (*)

Penulis: rfk
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help