TribunJogja/

Tiga Siswa SMP di Kulonprogo Tak Lulus Ujian Nasional 2017

Penyebabnya cukup beragam, mulai dari sakit hingga yang nilainya tak mencukupi.

Tiga Siswa SMP di Kulonprogo Tak Lulus Ujian Nasional 2017
tribunjogja/kurniatulhidayah
Suasana sekolah saat ujian nasional berlangsung di SMAN 1 Yogyakarta, Senin (4/4/2016). 

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Tiga siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kulonprogo tak lulus Ujian Nasional (UN) 2017.

Penyebabnya cukup beragam, mulai dari sakit hingga yang nilainya tak mencukupi.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kulonprogo, Sumarsana, mengatakan ada satu siswa yang tidak lulus lantaran sakit dan harus menjalani prosedur operasi medis.

Satu siswa tidak lulus karena tidak memiliki nilai semester lima dan enam serta satu anak lainnya diketahui pergi dari rumah tanpa diketahui alasannya.

“Kalaupun ikut UN, dua siswa terakhir ini tak mungkin lulus karena tidak memiliki nilai untuk dua semester. Jadi penyebabnya karena dari pihak anak didik itu sendiri,” kata Sumarsana, Minggu (4/6/2017).

Atas hal itu, dirinya berharap orangtua bisa lebih memerhatikan anak-anak mereka, termasuk jika ada permasalahan tertentu yang dihadapi. mendidik karakter anak, bukanlah tanggung jawab sekolah saja.

Walaupun status UN saat ini bukan lagi penentu kelulusa, pemenuhan keikutsertaannya menjadi syarat untuk dinyatakan lulus.

Disdikpora dalam hal ini berencana mengevaluasi pelaksanaan UN. Terutama untuk menelisik korelasi antara penurunan rerata nilai siswa dan sekolah dengan teknis pelaksanaan UN Berbasis Komputer (UNBK).

Sejumlah sekolah dengan peringkat nilai UN tinggi di Kulonprogo merupakan sekolah yang menyelenggarakan UN mandiri.

Lain halnya dengan sekolah yang melaksanakan UN menumpang di sekolah lain cenderung memiliki perolehan nilai rendah. (*)

Penulis: ing
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help