TribunJogja/

Terancam Diterjang Gelombang 5 Meter, Nelayan Ungsikan Kapal

Puluhan kapal yang ada di bibir pantai Baron pun diungsikan ke sisi pantai yang lebih tinggi, untuk mengantisipasi terjangan gelombang.

Terancam Diterjang Gelombang 5 Meter, Nelayan Ungsikan Kapal
tribunjogja/rendika ferri k
Nelayan pantai Baron, Gunungkidul, mengungsikan kapal mereka ke tempat lebih tinggi untuk mengantisipasi gelombang tinggi yang terjadi Minggu (4/6) sampai Senin (5/6/2017). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Nelayan yang ada di Pantai Selatan Kabupaten Gunungkidul bersiap-siap menghadapi gelombang tinggi setinggi 17 feet atau lima meter, yang diprediksi terjadi pada Minggu (4/6/2017) malam ini hingga Senin (5/6/2017).

Puluhan kapal yang ada di bibir pantai Baron pun diungsikan ke sisi pantai yang lebih tinggi, untuk mengantisipasi terjangan gelombang yang beresiko dapat merusak kapal.

Koordinator Tim SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul Marjono, mengatakan, pihaknya telah menghimbau nelayan untuk tidak melaut terlebih dahulu dan mengamankan kapalnya ke lokasi lebih tinggi untuk mengantisipasi potensi kerusakan kapal yang diakibatkan oleh gelombang tinggi.

Selain itu pedagang juga diminta mengamankan barang yang ada di lapak dekat bibir pantai ke tempat lebih aman.

"Gelombang bisa mencapai lapak pedagang dan bisa merusak, sehingga kami berikan peringatan dini, agar mereka waspada," ujarnya.

Baca: Mulai Malam Ini, Gelombang Setinggi 5 Meter Diprediksi Terjang Pantai Selatan

Salah seorang nelayan Pantai Baron, Sukamto, mengatakan, dirinya memang sudah mengetahui jika akan terjadi gelombang tinggi pada malam nanti sampai besok.

Ia pun memutuskan tidak melaut dan melakukan evakuasi terhadap kapal, agar tidak terjadi kerusakan akibat gelombang.

"Kami beramai-ramai memindahkan kapal supaya aman dari terjangan gelombang," ujarnya. (*)

Penulis: rfk
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help