TribunJogja/

Liga Champions

Pantas Bila Liga Champions Jadi Kompetisi Paling Pretisius, Gelontoran Uangnya Sungguh Woww!

Juventus dan Real Madrid akan beradu untuk menjadi yang terbaik dan juga berkesempatan meraup untung besar.

Pantas Bila Liga Champions Jadi Kompetisi Paling Pretisius, Gelontoran Uangnya Sungguh Woww!
(Dok. UEFA)
Bola resmi final Liga Champions 2016-2017 difoto di tempat laga final, Stadion Millenium di Cardiff. 

TRIBUNJOGJA.COM - Pantas apabila Liga Champions dikatakan sebagai kompetisi antarklub paling prestisius di muka bumi.

Selain kualitas tim dan pemain yang bertanding, kasta teratas kompetisi antarklub Eropa itu juga menjanjikan hadiah uang nan menggiurkan.

Duel puncak kompetisi kasta tertinggi antarklub Eropa akan tersaji di Millennium Stadium, Cardiff, Sabtu (3/6/2017).

Juventus dan Real Madrid akan beradu untuk menjadi yang terbaik dan juga berkesempatan meraup untung besar. 

Berdasarkan laporan Totalsportek, juara Liga Champions musim ini akan mendapatkan hadiah uang sebesar 15,5 juta euro (Rp 232,5 miliar) - naik 500.000 euro daripada musim lalu, dan finalis kebagian 11 juta euro (Rp 165 miliar). 

Akan tetapi, jumlah itu barulah dari uang hadiah. Klub di Liga Champions masih akan mendapatkan bonus performa dan pembagian uang dari hak siar. 

Setiap tim yang menang pada babak penyisihan akan dapat 1,5 juta euro. Bermain imbang saja sudah kecipratan uang 500.000 euro. 

Melangkah ke babak 16 besar, setiap tim diganjar 6 juta euro. Perempat finalis dan semifinalis akan mendapatkan 6,5 juta euro dan 7,5 juta euro. 

Jumlah itu belum termasuk 12,7 juta euro yang didapat 32 tim peserta fase grup, termasuk dua finalis kali ini, Juventus dan Real Madrid.  

Juventus akan bisa mendapatkan hadiah uang total 55,2 juta euro andai memenangi Liga Champions musim ini. Adapun Real Madrid “cuma” 54,2 juta euro.  

Perbedaan itu terletak pada hasil di fase grup. Juventus meraih satu kemenangan lebih banyak ketimbang Real Madrid

Akan tetapi, jumlah itu akan berlipat jika sudah ditambahkan dengan pembagian hak siar (market pool). Tahun lalu saja, Real Madrid mendapat tambahan 40,6 juta euro dari market pool. 

Bagaimana dengan Juventus? Meski kalah dari Barcelona pada final,Juventus menjadi klub dengan pendapatan market pool terbanyak pada 2014-2015 dengan nilai 58,2 juta euro. 

Pendapatan Juventus tahun ini dari pos tersebut juga dipastikan akan tinggi. Sebagai satu-satunya wakil Serie A sejak perempat final, distribusi terbesar dari pendapatan hak siar untuk klub Italia praktis menjadi milik Juventus. (Kompas.com)

Editor: dik
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help