TribunJogja/

Apa Saja Yang Perlu Dikonsumsi Ibu Hamil Saat Berpuasa?

Ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi makanan-makanan yang bisa menahan lapar dengan waktu yang lama.

Apa Saja Yang Perlu Dikonsumsi Ibu Hamil Saat Berpuasa?
alamy
Kehamilan 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Bagaimana menyikapi kehamilan saat bulan puasa? bagaimana dengan asupan gizi si ibu saat hamil di bulan puasa?

Sebagai dokter Spesialis Kandungan di JIH, dr. M Nurhadi Rahman, Sp.OG memberikan berbagai tips dan solusi tentang, apakah ibu hamil boleh berpuasa atau tidak.

Ia menyampaikan bahwa ibu hamil tidak berbeda dengan ibu-ibu yang tidak hamil, tentu saja mereka boleh berpuasa.

"Karena puasa itu merupakan perintah Allah untuk membersihkan diri serta bukan hanya menahan lapar, tetapi menahan segala hawa nafsu," ucapnya dalam Ngaji Sehat on Facebook yang disiarkan Tribun Jogja, Sabtu (3/6/2017).

Nurhadi juga menyarankan bahwa saat berpuasa, ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi makanan-makanan yang bisa menahan lapar dengan waktu yang lama.

"Saya menyarankan ibu-ibu hamil banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti umbi-umbian, atau nasi merah agar kenyangnya lebih tahan lama," ujar Nurhadi.

Ia juga menambahkan bahwa, Protein juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu-ibu hamil, seperti daging dan telur. Tak lupa juga bahwa saat hamil, ibu-ibu dianjurkan mengkonsumsi serat yang terdapat pada buah-buahan dan sayuran,

"Karena serat dalam buah-buahan dan sayuran selain menyehatkan karena banyak nutrisinya, juga bisa menahan lapar saat berpuasa," tambah Nurhadi.

Trik bagi ibu hamil saat berpuasa juga disampaikan oleh dokter spesialis kandungan tersebut.

Yaitu saat sahur, sebaiknya ibu-ibu yang sedang hamil makan di waktu hampir mendekati Imshak agar kenyangnya bisa bertahan lama.

Di akhir acara Nurhadi menyimpulkan bahwa, semua ibu hamil boleh berpuasa, tetap mereka harus mengukur kemampuan diri sendiri dan jangan dipaksakan jika kondisi tubuh lemah.

Selain itu asupan nutrisi yang cukup dengan menkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, sayur-sayuran, serta minum 3 liter air putih saat berbuka dan sahur saat berpuasa sangat dianjurkan bagi ibu hamil. (*)

Penulis: sis
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help