TribunJogja/

Ngaji Sehat On Facebook Bareng RS JIH

Manfaat Tersembunyi Menjalankan Puasa untuk Pria Dewasa

Faktanya, puasa berpengaruh secara positif terhadap kesehatan orang yang menjalankannya. Nah apa saja Manfaat berpuasa bagi kesehatan?

TRIBUNJOGJA.COM - Menjalankan ibadah puasa saat Ramadan tak hanya soal menjalankan rukun Islam yang wajib dilakukan bagi tiap muslim.

Faktanya, puasa berpengaruh secara positif terhadap kesehatan orang yang menjalankannya. Nah apa saja Manfaat berpuasa bagi kesehatan?

Dokter Rumah Sakit JIH, DR.Dr. Probosuseno, SpPD, KGer, Finasim mengungkapkan, kata kunci puasa yang benar menurut medis yaitu sahur dan air.

Kebutuhan air yang banyak itu khususnya bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih.

"Jadi intinya kita tidak boleh kekurangan air,"Probosuseno saat menjadi pembicara di Program "Ngaji Sehat On Facebook Bareng Rumah Sakit JIH", di lobby Timur JIH, Sabtu (27/5/2017).

Selain air, mengkonsumsi makanan bergizi tentu jadi bagian penting saat muslim menjalankan ibadah puasa.

"Tiga kurma sama dengan makan seperempat nasi, dan kalau tidak ada kurma, anda dapat menggantinya dengan buah pisang yang juga bagus untuk kesehatan,"terangnya.

Terus, apa manfaat puasa yang lain?

DR.Dr. Probosuseno mengungkapkan, siapa yang berpuasa membantu peremajaan tubuhnya baik dari luar dan dalam, seperti sel-sel ginjal dan lain-lain.

Manfaat lain, berpuasa dari segi medis bisa juga memperbaiki tekanan darah dan berat badan, hal sudah berdasarkan penelitiannya pada tahun 2002.

"Kedua, orang yang berpuasa ternyata pikiran semakin cerdas, termasuk memperbaiki fungsi ginjal,"tegasnnya.

Tak cukup itu, berpuasa ternyata meningkatkan kualitas sperma, dan ternyata radikal bebas yang mempengaruhi orang menjadi cepat tua juga menurun.

"Artinya berpuasa dapat memperlambat penuaan,"ungkapnya. (tribunjogja.com | Tris Jumali)

Jangan lewatkan Ngaji Sehat Edisi Senin (29/5/2017) 

Penulis: trs
Editor: iwe
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help