TribunJogja/

Air Terjun Kembang Soka Dulunya Dipercaya Masyarakat Untuk Sembuhkan Penyakit

Kembang Soka tersebut, diambil dari nama pohon, yaitu pohon Soka yang masih banyak berada di sekitar air terjun tersebut.

Air Terjun Kembang Soka Dulunya Dipercaya Masyarakat Untuk Sembuhkan Penyakit
Tribun Jogja/Gilang Satmaka
Air Terjun Kembang Soka 

TRIBUNJOGJA.COM - Daerah Kabupaten Kulonprogo mempunyai banyak kawasan wisata dengan beragam ciri khas di tiap masing-masing daerahnya.

Penorama alamnya yang menawan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, baik itu wisatawan domestik maupun mancanegara.

Salah satu kawasan wisata dengan panorama indah menawan yaitu adalah Air terjun Kembang Soka.

Air terjun Kembang Soka mulai dibuka sebagai tempat wisata yaitu pada tahun 2015 lalu.

Lokasi wisata tersebut dikelola oleh warga sekitar yaitu Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Jatimulyo.

Menurut Giono selaku Wakil Kepala Pengelola kawasan wisata air terjun Kembang Soka, air terjun ini mulai dikenal oleh masyarakat luas setelah dahulu ada orang yang suka blusukan dan memotret air terjun tersebut lalu mengunggahnya ke media sosial.

"Dulunya air terjun ini bisa terkenal karena, ada seseorang yang suka berpetualang lalu memotret air terjun ini kemudian ia mengunggah hasil fotonya ke media sosial," papar Giono.

Air Terjun Kembang Soka
Air Terjun Kembang Soka (Tribun Jogja/Gilang Satmaka)

Setelah banyak masyarakat yang tahu lokasi air terjun Kembang Soka tersebut, mereka kemudian mulai berdatangan ke tempat tersebut.

"Setelah banyak dikenal di media sosial, ternyata banyak anak-anak muda sekarang yang berdatangan untuk sekedar berfoto atau bersantai di tempat ini," ujar Giono.

Ia juga mengatakan, semenjak banyaknya orang yang datang mengunjungi tempat tersebut, ia dan warga sekitar mulai berinisiatif untuk mulai membangun akses jalan agar mempermudah para pengunjung tersebut bisa sampai di lokasi.

Halaman
123
Penulis: gsk
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help