TribunJogja/

Siswa KB-TK Pedagogia Belajar Membuat Bakpia

Siswa Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK) Laboratori Pedagogia Yogyakarta belajar membuat bakpia, Jumat (19/05/2017).

Siswa KB-TK Pedagogia Belajar Membuat Bakpia
Istimewa
MEMBUAT BAKPIA - Siswa KB dan TK Laboratori Pedagogia Yogyakarta belajar membuat bakpia, Jumat (19/05/2017), di pabrik bakpia Soemadigdo. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sulistiono

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Siswa Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK) Laboratori Pedagogia Yogyakarta belajar membuat bakpia, Jumat (19/05/2017). Kegiatan itu bagian dari pembelajaran bertema makanan tradisional.

Siswa belajar membuat bakpia di pabrik bakpia Soemadigdo, Jalan Ireda No 5-7 Yogyakarta, tepatnya sisi utara Purawisata. Siswa menuntaskan materi pembelajaran bakpia sejak pukul 07.30 WIB hingga pukul 10.00 WIB.

"Anak-anak diantar dan dijemput di pabrik bakpia. Semua siswa kompak memakai baju olah raga dan sepatu tertutup," kata Kepala Sekolah KB-TK Laboratori Pedagogia Yogyakarta, Nuwu Ningsih M.Pd.

Pantauan reporter Tribunjogja.com, siswa sudah berkumpul di pabrik bakpia sejak pukul 07.30 WIB. Mereka bergerombol dengan teman-temannya didampingi guru, sambil menunggu pabrik dibuka.

Pegawai baru membuka pabrik sekitar pukul 08.00 WIB. Antusiasme siswa ketika belajar makanan tradisional ini menjadi keriuhan sendiri di lokasi pabrik.

Mengawali kegiatan, kali pertama siswa diberi pengertian terkait bakpia yang merupakan makanan khas Yogyakarta. Berikutnya, siswa praktik membuat bakpia.

Pemilik pabrik bakpia Soemadigdo, Ferdi, mengatakan, para siswa diberi pembelajaran detail terkait proses produksi bakpia. Mulai dari mengenalkan bahan baku hingga membuat bakpianya.

"Siswa kita pandu membuat bakpia sendiri, lalu bakpia buatannya yang sudah masak bisa dibawa pulang. Siswa bisa bilang kepada orangtua bahwa bakpia yang dibawanya pulang bikinannya sendiri," katanya.

Pabrik bakpia Soemadigdo sudah sering mendapat kunjungan pembelajaran dari pelajar. Bulan Mei ini saja, sudah ada lima kunjungan dari siswa kelompok bermain dan taman kanak-kanak.

"Melalui acara seperti ini anak bisa lebih mengenal bakpia yang merupakan makanan khas Yogyakarta," ujarnya. (TribunJogja.com)

Penulis: ino
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help