TribunJogja/

PN Klaten Kini Terapkan Layanan Berbasis IT

Hisbullah Idris, mengatakan perubahan nomenklatur tersebut seiring dengan dengan berbagai inovasi yang dicapai oleh PN Klaten.

Laporan Reporter Tribun Jogja, Angga Purnama

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Pengadilan Negeri (PN) Kelas IB Klaten secara resmi menjadi pengadilan Kelas IA.

Hal ini menyusul penetapan Mahkamah Agung atas perubahan nomenklatur PN Klaten pada Februari lalu dan resmi diberlakukan Mei ini.

Kepala PN Klaten, Hisbullah Idris, mengatakan perubahan nomenklatur tersebut seiring dengan dengan berbagai inovasi yang dicapai oleh PN Klaten.

Khususnya layanan publik dengan mekanisme one stop service yang diterapkan.

"Masyarakat yang membutuhkan layanan PN Klaten, cukup dilayani di satu meja tanpa perlu mengurus sendiri. Semua layanan akan dilayani petugas, sehingga tidak perlu harus berpindah-pindah ruangan untuk mengurus adminitrasi," ungkapnya ditemui usai acara tasyakuran perubahan nomenklatur di PN Klaten, Jumat (19/5/2017).

Menurutnya dalam mewujudkan layanan publik yang prima, PN Klaten juga menerapkan layanan yang berbasis teknologi informasi.

Di antaranya dengan pemberlakukan jadwal persidangan yang dapat diakses oleh publik dimanapun dan kapan pun.

"Termasuk aplikasi pengingat jadwal persidangan bagi hakim berbasis google untuk mewujudkan persidangan yang tepat waktu. Melalui aplikasi ini, jadwal sidang dan pemberitahuan sidang tidak perlu dilakukan secara manual," paparnya.

Hisbullah menjelaskan selain aplikasi tersebut, terdapat 16 aplikasi lainnya yang diciptakan PN Klaten yang beroperasi secara online.

Aplikasi yang tersedia tersebut seluruhnya berkaitan dengan layanan yang dimiliki PN Klaten.

"Aplikasi ini disediakan untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan yang ada di PN Klaten. Sekaligus untuk menutup celah pungli dan korupsi di internal PN Klaten. Melalui layanan yang disediakan ini PN Klaten juga menjadi percontohan layanan pengadilan secara nasional," katanya. (*)

Penulis: ang
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help