TribunJogja/
Home »

DIY

» Sleman

Transportasi Berbasis Aplikasi Perlu Legalisasi 

Trasportasi berbasis aplikasi itu adalah sebuah inovasi yang dapat menutupi dosa pemerintah terutama dalam pemenuhan jasa transportasi yang ada.

Transportasi Berbasis Aplikasi Perlu Legalisasi 
Net
berbagai penyedia layanan ojek online 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN – Bertempat di ruang 5.3.1 Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (FH UGM) diadakan diskusi eksternal dengan tema “Legalisasi Transportasi Roda Dua Berbasis Aplikasi”.

Diskusi tersebut diadakan oleh Balai Penerbitan Pers Mahasiswa (BPPM) Mahkamah FH UGM, pada Rabu (17/5/2017).

Diskusi tersebut menghadirkan Wiratno Wahyu Wibowo dari Pusat Studi Transportasi dan Logistik (PUSTRAL) UGM, Hendry Julian Noor, Dosen Departemen Hukum Administrasi Negara FH UGM, dan Pradhika Yunik Nurhayati, Dosen Manajemen dan Kebijakan Publik FISIPOL UGM.

Hendry memulai diskusi dengan menjelaskan bahwa trasportasi berbasis aplikasi itu adalah sebuah inovasi yang dapat menutupi dosa pemerintah terutama dalam pemenuhan jasa transportasi yang ada.

Dia juga mengatakan bahwa sebenarnya kendaraan roda dua itu tidak diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub).

Menurutnya pemerintah juga dapat menggunakan diskresinya untuk mengakomodir aturan yang kurang tersebut.

Melihat permasalahan yang terjadi sekarang, Wiratno mengatakan bahwa memang sangat perlu diadakan peraturan yang mengakomodir adanya transportasi berbasis aplikasi ini. Hal tersebut harus mengikuti jasa transportasi yang ada.

“Ini karena sifat dari transportasi tersebut bersifat menggantikan bukan melengkapi,” jelasnya.

“Semisal ada konflik horizontal, belum tentu penyedia jasa transportasi berbasis aplikasi ini mau ikut terlibat,” pungkasnya.

Yunik menambahkan bagaimana kemudahan-kemudahan transportasi berbasis aplikasi ini.

Menurutnya hal tersebut tidak dapat dipungkiri. Maka dari itu, pemerintah harus segera merumuskan aturan yang dapat mengakomodirnya. (*)

Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help