TribunJogja/
Home »

Jawa

Desa Ponggok Perbesar Peluang Investasi Warga

Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo bakal memperbesar kesempatan bagi warganya untuk menanamkan investasi.

Desa Ponggok Perbesar Peluang Investasi Warga
tribunjogja/hamimthohari
Umbul Ponggok selalu ramai pengunjung terlebih pada hari libur 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Angga Purnama

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo bakal memperbesar kesempatan bagi warganya untuk menanamkan investasi melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Tirta Mandiri.

Hal tersebut merupakan bagian dari upaya Pemerintah Desa setempat untuk melibatkan masyarakat dalam mengelola potensi lokal.

Direktur Utama Bumdes Tirta Mandiri, Joko Winarno mengatakan sejatinya kesempatan investasi bagi warga Desa Ponggok sudah dibuka sejak awal Bumdes dibentuk.

Namun pada awal dibuka hanya segelintir warga yang tertarik untuk terlibat.

"Kemudian, seiring perkembangannya sudah ada 430 KK dari total sekitar 700 KK di Ponggok yang menanamkan investasinya," katanya, Selasa (16/5/2017).

Menurutnya setiap KK yang terlibat menanamkan investasi Rp 5 juta per KK. Dari nilai tersebut, setiap KK memperoleh penghasilan pasif rata-rata 10 persen dark nilai investasinya setiap bulan.

"Penghasilan pasif ini sedikit banyak membantu perekonomian keluarga sehingga semakin berkembang," paparnya.

Total investasi dari warga setempat untuk pengembangan wisata Umbul Ponggok baru mencapai sekitar 40 persen dari total investasi yang ada di Bumdes Tirta Mandiri.

Besarnya keterlibatan warga inilah yang kemudian membuat Desa Ponggok mendapatkan penghargaan sebagai Desa Wisata terbaik kategori Pemberdayaan Masyarakat dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang diberikan di Bukittinggi, Sumatera Barat, Sabtu (13/5/2017) lalu.

Halaman
12
Penulis: ang
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help