TribunJogja/

Bus Zentrum Jurusan Cepu - Jakarta Hangus Terbakar di Hutan Cabak‎ Blora

Api di duga dari konsleting kabel bagian belakang. Sebab sebelum berangkat, ia bersama kondektur sudah mengecek kondisi bus yang akan digunakan.

Bus Zentrum Jurusan Cepu - Jakarta Hangus Terbakar di Hutan Cabak‎ Blora
ist
Bus Zentrum bernomor polisi K 1577 AP, yang melaju dari Arah Cepu menuju Jakarta terbakar di Jalan Blora - Cepu Km15, tepatnya di Hutan Cabak, Kecamatan Jiken, Blora, Senin (15/5/2017). 

TRIBUNJOGJA.COM, BLORA - Bus Zentrum bernomor polisi K 1577 AP, yang melaju dari arah Cepu menuju Jakarta terbakar di Jalan Blora - Cepu Km15, tepatnya di Hutan Cabak, Kecamatan Jiken, Blora, Senin (15/5/2017).

Dalam waktu singkat bus yang dikemudikan Adi Supriyanto tersebut ludes terbakar.

Sopir bus Adi Supriyanto, mengatakan, kejadian bermula ketika bus berjalan dari arah Cepu menuju Jakarta.

Nahas saat sampai di tengah-tengah kawasan hutan Cabak, terlihat ada asap yang berasal dari bodi bagian belakang bus.

Melihat kejadian tersebut ia pun langsung menghentikan bus, untuk memastikan sumber api.

"Setelah saya lihat api sudah membakar body bus bagian belakang, semua penumpang langsung saya suruh keluar semua. Alhamdulliah lima penumpang yang saya bawa selamat," katanya, melalui layanan pesan WhatsApp (WA)‎.

Dalam kejadian tersebut, api di duga dari konsleting kabel bagian belakang. Sebab sebelum berangkat, ia bersama kondektur sudah mengecek kondisi bus yang akan digunakan.

"Dari terminal Cepu tadi sudah di cek, kondisi baik semua, berangkat juga tidak ada firasat apa-apa, ya ndak tau tiba-tiba begini, mungkin ada kabel yang korslet," imbuhnya.

Dari kejadian itu, api membakar semua bodi bus. Sebanyak lima penumpang seketika langsung berupaya menyelamatkan diri dengan berhamburan keluar dari bus.

"Semua penumpang langsung keluar semua, ada sebagian barang yang dapat diselamatkan, ada yang turut hangus. Tapi Alhamdulillah yang penting orangnya semua selamat," ujar dia.

Tak berapa lama kemudian, satu armada pemadam kebakaran dari Pertamina dan dua mobil pemadam kebakaran dari Pemkabb Blora tiba di lokasi.

Api dapat dipadmkan setelah satu setengah jam petugas pemadam kebakaran, bersama kepolisian, dan Satpol PP, berjibaku dengan si jago merah.

Kasatlantas Polres Blora AKP Febriyani Aer, melalui Kanit Laka Aiptu Noorbadi, menjelaskan kejadian ini murni dari kecelakaan tunggal yang disebabkan oleh arus pendek dari dalam body bus.

"Informasi menurut keterangan supir bus, kejadian bermula dari body bagian belakang bus, tidak ada korban jiwa, semua penumpang bisa menyelamatkan diri," jelasnya.

Pihaknya juga menghimbau agar para sopir bus bisa lebih berhati-hati lagi, saat akan mengemudikan kendaraan bermotor. Tidak hanya dari kelengkapan surat namun juga dari sejumlah kelayakan kendaraan.

"Kami menghimbau agar para sopir selalu mengecek kendaraan agar dalam keadaan siap untuk perjalanan. Tak hanya itu sopir juga harus mengecek kesiapan mesin kendaraan," pesannya.

Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Selain itu arus lalu lintas di kawasan tersebut sempat tersendat hingga lima kilometer. Petugas pun melakukan sistem buka tutup untuk memperlancar arus lalu lintas. (Tribun Jateng, Yayan Isro' Roziki)

Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help