TribunJogja/
Home »

DIY

» Sleman

Mendaftar BPJS Kesehatan Kini Bisa Lewat Telepon

Untuk itu BPJS berupaya mempermudah proses pendaftaran. Yang terbaru, kini masyarakat bisa mendaftar melalui layanan telepon.

Mendaftar BPJS Kesehatan Kini Bisa Lewat Telepon
tribunjogja/suluh
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rento Ari Nugroho

TRIBUNJOGJA,COM, SLEMAN - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus berupaya mendorong semakin banyak warga negara Indonesia terlindungi layanan kesehatan.

Untuk itu BPJS berupaya mempermudah proses pendaftaran. Yang terbaru, kini masyarakat bisa mendaftar melalui layanan telepon.

BPJS Kesehatan Kantor Cabang Sleman menyosialisasikan layanan terbaru BPJS Kesehatan yakni pendaftaran dan perubahan data peserta BPJS Kesehatan melalui telepon.

Melalui layanan Care Center 1500400 ini, masyarakat tidak perlu repot antre di kantor cabang BPJS baik untuk mendaftar atau mendapatkan beberapa layanan lainnya.

Kanit Hukum Komunikasi Publik dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Sleman, Yuni Wibawa mengatakan, layanan care center 1500400 sebelumnya sudah cukup lama ada. Hanya saja, per 1 Maret layanan melalui care center ini diperluas.

"Untuk mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, masyarakat tidak perlu repot mengantre. Cukup dengan menelpon ke care center 1500400, maka pendaftaran bisa dilakukan. Layanan ini sangat bermanfaat untuk mereka yang sibuk karena care center melayani 24 jam. Untuk wilayah DIY dan Jateng ini ada 25 petugas yang siap melayani masyarakat," katanya dalam sosialisasi Care Center 1500400 di kantor cabang BPJS Sleman, Senin (15/5/2017).

Sebelum menghubungi care center, lanjut Wibawa, calon peserta diharapkan mempersiapkan berkas kelengkapan.

Berkas tersebut antara lain nomor kartu keluarga, nomor KTP pendaftar ataupun keluarga yang akan didaftarkan, nomor rekening bank, nomor handphone dan alamat email.

"Prosesnya, peserta menghubungi petugas di care center. Setelah data disampaikan, petugas akan melakukan konfirmasi. Kemudian, data akan disimpan di aplikasi. 14 hari kemudian peserta bisa melakukan pembayaran pertama, untuk pembayaran selanjutnya bisa autodebet. Setelah itu, proses pencetakan kartu bisa dilakukan," katanya.

Untuk pengambilan kartu ini, menurut Wibawa, hingga 31 Mei 2017 peserta diminta datang ke kantor cabang untuk mengambil kartu. Namun rencananya mulai 1 Juni kartu akan dikirimkan ke rumah peserta.

"Selain untuk pendaftaran, care center ini bisa juga untuk proses perubahan data misalnya pindah alamat, koreksi kekeliruan nama hingga tanggal lahir. Juga, apabila ingin konsultasi dengan dokter umum pun bisa yang waktunya tidak dibatasi," ungkapnya. (*)

Penulis: toa
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help