TribunJogja/

Bulan Syakban saatnya Perbanyak Khataman dan Hadiri Majelis Alquran

Di bulan Syakban ini, umat Islam sangat dianjurkan untuk memperbanyak mengkhatamkan serta menghadiri majelis khataman Al-Quran.

Bulan Syakban saatnya Perbanyak Khataman dan Hadiri Majelis Alquran
Facebook/Rizki Rahardian
Ilustrasi 

TAK terasa, beberapa pekan lagi, Ramadan akan tiba. Namun, sebelum memasuki Ramadan, pastinya ada bulan Syakban.

Di bulan Syakban ini, umat Islam sangat dianjurkan untuk memperbanyak mengkhatamkan serta menghadiri majelis khataman Al-Quran. 

Salamah bin Kahil berkata, "Dahulu bulan Syakban disebut pula dengan bulan membaca Al Qur’an."

"Amr bin Qois ketika memasuki bulan Syakban, beliau menutup tokonya dan lebih menyibukkan diri dengan Al Quran."

Selain itu, Abu Bakr Al Balkhi berkata, "Bulan Rajab saatnya menanam. Bulan Syakban saatnya menyiram tanaman dan bulan Ramadhan saatnya menuai hasil." (Lihat Fatwa Al-Islam Sual wa Jawab no. 92748)

Secara umum, keutamaan membaca Al-Quran telah banyak disebutkan dalam hadits nabi. Begitu mulianya kitab suci ini sampai-sampai membaca satu huruf dalam Al-Quran fadhilahnya dihitung sepuluh kebaikan.

Dari Abdullah bin Mas’ud Radiyallahu’Anhu, Rasulullah bersabda: "Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitab Allah, maka baginya satu kebaikan. Dan kebaikan itu dilipat gandakan dengan sepuluh kalinya. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, akan tetapi Alif itu satu huruf, Lam itu satu huruf, dan Mim itu satu huruf" (HR. At-Tirmidzi)

Bahkan, orang yang masih terbata-bata dalam membaca Al-Quran dijanjikan mendapatkan pahala dua kali lipat, karena ia tetap rajin membaca meski punya keterbatasan.

Hal ini dijelaskan oleh Rasulullah dalam hadits berikut : 'Dari Aisyah Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Orang yang membaca Al-Qur’an dan ia mahir membacanya, maka kelak ia akan bersama para malaikat yang mulia lagi taat kepada Allah. Dan orang yang membaca Al-Quran, sedang ia masih terbata-bata lagi berat dalam membacanya, maka ia akan mendapatkan dua pahala." (HR. Bukhari Muslim)

Anjuran selanjutnya di bulan Syakban yang mulia ini adalah mengkhatamkan dari awal surat al-Fatihah sampai akhir surat An-Naas. Setelah itu, ia memulai dari awal lagi.

Halaman
123
Editor: dik
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help