TribunJogja/

Tidak Cukup Hanya Miliki Sertifikat TOEFL

Perlu kerja keras, disiplin, dan penciptaan suasana yang mendukung agar kita bisa meraih skor TOEFL.

Tidak Cukup Hanya Miliki Sertifikat TOEFL
Ist
Untuk mendapatkan skor TOEFL yang tinggi, ada baiknya mengambil kursus bahasa Inggris. Salah satunya adalah REAL. 

TRIBUNJOGJA.COM - Bagi kita yang sudah memiliki rencana meneruskan kuliah di Luar negeri, memiliki sertifikat TOEFL adalah hal wajib.

Melalui  sertifikat TOEFL (Test  of English as Foreign Language), pihak kampus yang dituju mengetahui seberapa jauh kemampuan calon mahasiswa yang bersangkutan akan bisa beradapatasi dan mengikuti proses perkuliahan yang tentunya menggunakan pengantar bahasa Inggris.

Selain itu, buku-buku yang menjadi referesensi kuliah juga  umumnya menggunakan bahasa Inggris. 

Dengan demikian, mudah dimengerti bila kampus asing menjadikan kepemilikan sertifikat TOEFL menjadi syarat masuk calon mahasiswa yang bersangkutan.

Cukupkah memilliki sertifikat TOEFL saja? Jelas belum cukup. Umumnya, kampus yang bersangkutan mengeluarkan sebuah standar minimal, berapa skor yang harus dicapai.

Pada beberapa kampus di dalam negeri skor 450-500 adalah standar umum bagi yang ingin melanjutkan ke jenjang S2 ataupun S3.

Sedang untuk kampus di luar negeri, standar skor  500-550 adalah persyaratan biasa untuk masuk ke jenjang S2 dan S3.

Tentu saja tidak mudah untuk mencapai skor itu. Perlu kerja keras, disiplin, dan penciptaan suasana yang mendukung agar kita bisa meraih skor tersebut.

Menurut salah satu pengajar REAL,  Eurico Muller, salah satu tips menciptakan suasana yang mendukung adalah seringnya berinteraksi dengan native Speaker.

Kebiasaan berkomunikasi dengan mereka akan membiasakan kita  mengenal aksen  yang tentunya akan didengan waktu menjalani tes TOEFL.

Untuk mendapatkan skor TOEFL yang tinggi, ada baiknya mengambil kursus bahasa Inggris. Salah satunya adalah REAL. Tempat kursus yang berada di gedung IONs di jalan c simanjutak 50 Yogyakarta ini sedang membuka kelas baru.

Jadwal intake di bulan mei adalah pada tanggal 15, 22, dan 30. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi (0274) 58 2992.  (*/adv)

Editor: oda
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help