TribunJogja/

Ilmuwan Keluarkan Hasil Riset Mengejutkan Tentang Khasiat Ganja

Mengkonsumsi ekstrak ganja setiap harinya dapat memperlambat, atau bahkan mengembalikkan, penurunan kognitif pada orang yang berusia tua.

Ilmuwan Keluarkan Hasil Riset Mengejutkan Tentang Khasiat Ganja
kompas.com
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Ilmuwan mengeluarkan riset mengejutkan terkait penggunaan ganja.

Dilansir dari theguardian bahwa dengan mengkonsumsi ekstrak ganja setiap harinya dapat memperlambat, atau bahkan mengembalikkan, penurunan kognitif pada orang yang berusia tua.

Penemuan ini diambil setelah tes yang dilakukan kepada tikus setelah diberi tetrahydrocannabinol (THC) yaitu bahan psikoaktif utama pada ganja dengan dosis rendah dan teratur mengganggu pembelajaran pada hewan muda, namun meningkatkan kinerja pada yang tua.

Menulis di jurnal Nature Medicine, para ilmuwan menggambarkan bagaimana mereka memberi THC selama sebulan lamanya untuk tikus berusia dua bulan, satu tahun, dan 18 bulan.

Tikus kemudian diuji untuk melihat seberapa cepat mereka memecahkan labirin air, dan seberapa cepat mereka mengenali benda-benda yang sudah dikenal seperti tikus yang mereka temui sebelumnya.

Tanpa obat itu, tikus yang lebih muda mengikuti tes, sementara yang lebih tua berjuang. Tapi infus THC memiliki dampak dramatis pada kedua kelompok.

Kinerja tikus muda menurun drastis pada THC, sementara tikus yang lebih tua membaik sehingga skor mereka sesuai dengan tikus muda bebas obat yang sehat.

Manfaatnya bertahan selama berminggu-minggu setelah infus berakhir. Tidak ada tikus yang menunjukkan efek aneh yang bisa diduga dari dosis THC.

"Hasil ini menunjukkan peningkatan kinerja kognitif yang sangat lama akibat perlakuan THC dosis rendah pada hewan dewasa dan matang," tulis para ilmuwan tersebut.

Peningkatan fungsi otak dikaitkan dengan pemulihan ekspresi gen di otak ke tingkat yang lebih muda.

Halaman
12
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help