TribunJogja/

TRIBUNJOGJATV ONLINE

[VIDEO] Mengintip Produksi Manisan Salak di Sleman

Salak pondoh yang memiliki rasa manis dan garing ini merupakan buah primadona yang paling diminati di wilayah Yogyakarta, terutama di kawasan Sleman

Pada prinsipnya mengolah buah segar menjadi manisan buah adalah untuk mengawetkan atau memperpanjang masa simpan buah tersebut. Karena kita ketahui bersama, kalau musim buah sudah tiba sering buah tertentu harganya menjadi sangat murah bahkan banyak yang tidak bisa dimanfaatkan atau terbuang sia-sia. Pengolahan buah menjadi manisan juga merupakan salah satu alternatif.

Salak pondoh yang memiliki rasa manis dan garing ini merupakan buah primadona yang paling diminati di wilayah Yogyakarta, terutama di kawasan Sleman. Agar buah salak mempunyai nilai ekonomis lebih tinggi, sekelompok masyarakat di Sleman memproduksi berbagai macam produk dari olahan salak. Satu di antaranya adalah kelompok Salwa.

Produk yang paling diminati dari hasil Kelompok Salwa ini adalah Manisan Salak. Manisan ini diolah dengan cara higienis, manual dan alat-alat produksi yang serba stainless oleh Ibu-ibu yang merupakan warga Purwobinangun Pakem Sleman. (*)

Penulis: rap
Editor: iwe
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help