TribunJogja/
Home »

DIY

» Sleman

Sejahterakan Peternak Sapi Perah dengan Koperasi

Di koperasi tersebut terdapat beberapa macam unit usaha seperti unit susu, unit makanan ternak, unit perkreditan sapi, unit pembibitan sapi perah.

Sejahterakan Peternak Sapi Perah dengan Koperasi
Reporter Magang Tribun Jogja/Kholid Anwar
Karyawan koperasi yang melakukan packing susu pastereusasi. 

Laporan Reporter Magang Tribun Jogja, Kholid Anwar

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN – Terletak di selatan Yogyakarta ada sebuah koperasi susu bernama Koperasi Susu Warga Mulya. Koperasi ini sudah berdiri sejak 30 Januari 1979.

Awalnya koperasi susu ini berada di sekitaran alun-alun utara, kemudian berpindah ke maguwoharjo, dan terakhir pada tahun 1997 pindah ke Purwobinangun, Pakem, Sleman.

Di koperasi tersebut terdapat beberapa macam unit usaha seperti unit susu, unit makanan ternak, unit perkreditan sapi, unit pembibitan sapi perah, unit simpan pinjam, serta unit warung serba ada (waserda).

Winarwan, yang menjabat sebagai bendahara satu di koperasi tersebut menjelaskan bahwa, pada unit susu sendiri, koperasi ini dapat memproduksi susu sebanyak 1500-2000 liter perharinya.

Susu tersebut didapat dari seluruh anggota yang tersebar di Sleman, Bantul, serta Kulonprogo.

Kantor pusat dan tempat penampungan susu. Ada kelompok-kelompok yang tersebar di beberapa daerah, seperti Sleman, Bantul, dan Kulonprogo.

“Anggota memeras susu lalu disetorkan ke kelompok, kemudian diambil oleh koperasi dengan tangki oleh koperasi baru dibawa ke depot,” terang Winarwan.

Semisal ada sisa, susu segar dijual ke PT Sari Husada, industry pengelola susu (IPS).

Susu segar yang didapat dari para peternak didistribusikan langsung ke agen dan konsumen.

Halaman
123
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help