TribunJogja/

Viral Medsos

Pesan WA Berantai HP Meledak di Bawah Jok, Dipastikan HOAX

Dalam pesan berantai tersebut, disebutkan pula bahwa peristiwa ini terjadi di Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Pesan WA Berantai HP Meledak di Bawah Jok, Dipastikan HOAX
IST
Pesan berantai yang menyebar luas melalui aplikasi pesan instan WhatsApp 

TRIBUNJOGJA.com - Sebuah foto dengan keterangan terjadinya ledakan telepon seluler yang di simpan di bawah jok sepeda motor dekat dengan tangki dipastikan tidak benar. Foto ini menyebar luas melalui aplikasi pesan instan whatsapp, tanpa diketahui siapa yang menyebarkannya pertama kali.

Dalam pesan berantai tersebut, disebutkan pula bahwa peristiwa ini terjadi di Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Baca: Hoax! Beredar Kabar Ada Korban Meninggal saat Kerusuhan Konvoi Pelajar SMA di Klaten

Terkait hal itu, pihak kepolisian setempat menyatakan sudah melakukan pengecekan di seluruh desa dan kelurahan setelah viralnya gambar tersebut di media sosial.

"Sehari sejak gambar itu terunggah dan beredar luas pada hari Minggu lalu (30/4/2017), kami langsung melakukan pengecekan di sejumlah titik. Hasilnya tidak ada kejadian itu di wilayah hukum kami," ujar Kapolsek Purwosari, AKP. I Made Suardana, Kamis (4/5/2017).

Baca: Presiden Jokowi Diharapkan Segera Atasi Gempuran Berita Hoax di Tanah Air

Dia mengatakan, pihaknya mengerahkan semua petugas Bhabinkamtibmas di 14 desa dan satu kelurahan di wilayahnya untuk mengecek kebenaran peristiwa itu. Termasuk mencocokkan kontruksi jalan paving yang mirip dengan gambar. Karena tidak semua jalan di desa tersebut terbuat dari paving.

"Sedangkan untuk memastikan adanya korban kita juga koordinasi dengan petugas kesehatan, baik yang ada di puskesmas atau bidan desa," katanya.

Baca: Viral di WhatsApp, Ini Parodi Lagu-Lagu yang Bikin Ngakak Guling-guling

Made mengakui sejak adanya gambar tersebut di media sosial dan jejaring, pihaknya banyak dikonfirmasi dari berbagai pihak. Baik dari perorangan maupun institusinya sendiri. Pihaknya menilai dan menganalisis bahwa gambar tersebut bukan merupakan korban ledakan hp tetapi kejadian laka lantas.

"Kalau ledakan ya tidak seperti itu, bisa dimungkinkan itu kecelakaan di jalan. Yang jelas kejadian itu bukan di Purwosari Pasuruan," ucapnya. (*)

Penulis : Moh. Anas / kompas.com

Editor: mon
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help