TribunJogja/

Lapas Anak di Gunungkidul Kelebihan Kapasitas

Dikatakannya jumlah tahanan anak yang ada di tahanan sebanyak 30 anak, dan masih bertambah lagi.

Lapas Anak di Gunungkidul Kelebihan Kapasitas
tribunjogja/agungismiyanto
Lapas. (ilustrasi) 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Wonosari mulai penuh. Kapasitas ruang tahanan dengan jumlah tahanan anak yang ada di LPKA Rutan Wonosari.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala LKPA Rutan Klas II B Wonosari Sri lestari.

Dikatakannya jumlah tahanan anak yang ada di tahanan sebanyak 30 anak, dan masih bertambah lagi. Sementara kapasitas LPKA hanya ada 35 tahanan.

"Jumlah itu kemungkinan besar akan segera bertambah dalam waktu dekat, dari Kejaksaan dan Pengadilan, sedangkan kapasitas tahanan tetap," ujar Sri, Rabu (3/5/2017).

Dari sebanyak enam kamar tahanan yang tersedia lima diantaranya hanya diperuntukkan untuk lima tahanan anak. Sementara satu lagi kamar yang lebih besar diperuntukkan untuk sekitar lima sampai 10 tahanan anak.

Ia mengakui jika jumlah tanahan anak LPKA terus meningkat dari waktu ke waktu. Sejak tahun 2017 ini, jumlah tahanan anak yang ada meningkat dua kali lipat. Dari hanya 15 anak, menjadi 30 anak.

"Penghuni LPKA meningkat tajam seiring maraknya kasus pidana yang melibatkan anak-anak," ujar Sri.

Sri berharap adanya perluasan ataupun renovasi LPKA, sehingga kapasitas tahanan dapat menampung jumlah tahanan yang ada.

”Kami sudah bicarakan dengan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) DIY, berharap dapat diperluas,” katanya.

Sementara itu, Kepala Rutan Klas II B Wonosari Edi Junady, mengatakan, hingga kini LPKA belum memiliki kantor sendiri dan masih menumpang di Rutan Wonosari.

"Idealnya memang harus memiliki tempat sendiri dan terpisah dengan Rutan," ujar Edi.

Selain LPKA, rutan untuk orang dewasa juga mengalami kelebihan kapasitas. Total LPKA dan Rutan kapasitas untuk 110 tahanan namun dihuni oleh sebanyak 133 tahanan.

Menurutnya, setiap kamar tahanan hanya diperuntukkan untuk tiga sampai empat tahanan. Namun saat ini setiap kamar diisi lima sampai enam tahanan.

"Kami berharap adanya renovasi untuk penambahan kapasitas," ujar Edi. (*)

Penulis: rfk
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help