TribunJogja/

Ulat Gendon, Hama Salak Kaya Protein yang Bisa Diolah Menjadi Pasta

Selain dikenal sebagai hama, ternyata ulat gendon salak juga memiliki banyak manfaat

Ulat Gendon, Hama Salak Kaya Protein yang Bisa Diolah Menjadi Pasta
Net
Ulat Gendon 

TRIBUNJOGJA.com, SLEMAN - Ommotemnus serrirostris atau yang oleh masyarakat jawa kerap kali disebut ulat gendon merupakan hama tanaman salak.

Ulat ini sebenarnya mirip dengan ulat daun pisang, yang membedakan adalah tekstur dari ulat gendon salak yang lembab sedangkan ulat daun pisang teksturnya kering.

Selain dikenal sebagai hama, ternyata ulat gendon salak juga memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah dapat dimanfaatkan sebagai sumber protein masa depan.

Dela Ratnasari dan Diana Nurfitni adalah siswi dari SMAN 1 Sleman yang berhasil meneliti kandungan dari ulat gendon salak. Dalam penelitiannya mereka dibantu oleh pembimbingnya yakni Mekar Retno Sariasih S.Pd.Si.

Ulat gendon
Ulat gendon (IST)

"Di daerah saya, Sedogan, Tempel, Sleman banyak tetangga yang menggunakan ulat gendon salak untuk mengobati sariawan pada anak-anak. Beberapa anak ada yang telah memakai obat dokter namun tidak sembuh. Ketika dioleskan lemak dari ulat gendon salak malah sembuh. Nah, kok bisa? Dari situ kita mulai mencaritahu dan meneliti kandungan dari ulat ini," ujar Dela.

Laboratorium PAU UGM menjadi sarana bagi mereka dalam menguji kandungan ulat gendon salak yang berupa lemak, vitamin C, dan protein. Namun yang paling tinggi kandungannya adalah protein.

Ulat ini dapat diolah menjadi beberapa olahan, di antaranya adalah rempeyek, pasta, digoreng atau sekadar dimakan tanpa melalui proses olah.

Dalam risetnya ini mereka telah mengikuti lomba yang diadakan oleh OPSI Sleman pada tanggal 22 Juli 2016. Mereka berhasil meraih juara harapan 1 pada event tersebut. (*)

Oleh:
Alfiatu Rohima/SMA Tiga Maret

Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help