TribunJogja/

Okupansi Hotel saat Longweekend 100%

Berkah dua kali libur longweekend di bulan April tahun ini dirasakan hampir setiap sektor yang bergerak di bidang pariwisata.

Okupansi Hotel saat Longweekend 100%
tribunjogja/rento ari
Wisatawan menikmati sensasi berkeliling dan menjelajah alam menggunakan jip wisata di Kaliurang, Senin (24/4/2017). Liburan panjang akhir pekan membuat lonjakan pengunjung di kawasan wisata Kaliurang yang mencapai 30 persen dibanding hari biasa. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Berkah dua kali libur longweekend di bulan April tahun ini dirasakan hampir setiap sektor yang bergerak di bidang pariwisata.

Khususnya longweekend kemarin, okupansi hotel dan penginapan di wilayah DIY membuat rona bahagia para pengelolanya.

Lantaran hotel dan penginapan yang berada di jantung kota DIY dan sekitarnya (ring 1 dan 2) fullbooked atau memiliki okupansi 100%.

Hal ini disampaikan Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) DIY, Istijab Danunagoro saat dihubungi Tribunjogja.com, Selasa (25/4/17).

Istijab menuturkan, untuk hotel maupun penginapan yang berada di pinggiran kota atau kerap diistilahkan dengan hotel ring 3 juga memiliki okupansi tinggi yakni di atas 80 %.

Sementara itu, untuk penginapan non bintang termasuk home stay juga memiliki okupansi lebih dari 80 %.

Menurut Istijab, melonjaknya okupansi pada longweekend kemarin dipengaruhi beberapa faktor.

Selain faktor utama tanggal merah jatuh pada hari Senin, banyak event besar yang berlangsung di Yogyakarta juga membantu meningkatkan okupansi.

"Mungkin banyak yang memilik sekalian berlibur sembari mengikuti sebuah event di Yogya, di antaranya ada marathon kemarin. Bisa jadi juga banyak yang memilih liburan panjang di longweekend akhir bulan dari pada pertengahan bulan April kemarin," terang Istijab.

Sementara untuk lama tinggal para tamu, lanjut Istijab, rata-rata para tamu menginap adalah 2 malam.

Tentunya para pengelola hotel dan penginapan ke depan berharap bisa meningkatkan lama menginap atau tinggal para tamu di Yogyakarta.

"Setelah ini kita akan persiapan memasuki bulan Ramadan. Semoga nanti okupansi tetap terjaga," imbuh Istijab.

Salah satu hotel yang memiliki okupansi penuh adalah The Atrium Hotel and Resort yang berada di dekat jalan Ringroad Utara.

PR The Atrium Hotel and Resort, Tera mengatakan, bila dibandingkan longweekend pada pertengahan bulan April lalu, longweekend kemarin okupansi jauh lebih tinggi, bahkan sampai fullbooked hingga hari Senin kemarin.

"Untuk lama tinggal para tamu, rata rata 2 malam. Kami berharap okupansi bisa terjaga meski nanti longweekend sudah lewat," kata Tere. (tribunjogja.com)

Penulis: yud
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help