Usut Pembuat Berita Hoax, Polda DIY Selidiki Saksi dari Keluarga Sultan

Penelusuran yang telah dilakukan Polda DIY antara lain adalah dengan mencari tahu kapan hoax yang mengandung SARA tersebut diunggah pelaku.

Usut Pembuat Berita Hoax, Polda DIY Selidiki Saksi dari Keluarga Sultan
TRIBUN JOGJA |HASAN SAKRI
LAPORKAN BERITA HOAX. Gubernur DI yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X saat memberi laporan di Polda DI yogyakarta, rabu (19/4/2017). Sri Sultan HB X melaporkan sebuah situ yang berisi berita hoax yang mencatut namanya. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Polda DIY melakukan gerak cepet guna mengusut pelaku pembuat berita bohong atau hoax yang mencatut Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Kapolda DIY, Brigjend Ahmad Dofiri menjelaskan, pihaknya melakukan penelusuran tak lama setelah laporan diterima kepolisian. Selanjutnya, ia mengungkapkan bahwa akan melangkah untuk memeriksa beberapa saksi.

"Saksi itu dari beliau, keluarganya, putrinya, dan orang-orang terdekatnya," ucapnya sesuai menghadiri Peringatan Hari Kartini di Bangsal Kepatihan, Jumat (21/4/2017).

Penelusuran yang telah dilakukan Polda DIY, tambahnya, antara lain adalah dengan mencari tahu kapan hoax yang mengandung SARA tersebut diunggah pelaku.

Dari awal pun Dofiri menegaskan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan cybercrime Mabespolri.

"Secepatnya kepinginnya (segera terungkap)," ujar Dofiri.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY, Roni Primantohari mengimbau masyarakat untuk bisa cerdas memilah informasi yang beredar melalui media, terlebih yang tersebar viral di media sosial.

"Ketika kita menerima suatu berita, yang pertama harus dilakukan adalah mengecek sumber berita apakah sumber beritanya kredibel," jelasnya kepada Tribun Jogja. (*)

Penulis: kur
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help