Ion's Culinary College Akan Gelar Lomba Kreasi Isi Lumpia untuk SMP

Event ini merupakan event berjenjang yang digelar setiap tiga bulan. Setelah pada tingkat SMP, selanjutnya akan menyusul tingkat SMA atau SMK.

Ion's Culinary College Akan Gelar Lomba Kreasi Isi Lumpia untuk SMP
Tribun Jogja/ Hamim Thohari
Lumpia. (ilustrasi) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Setelah sukses menggelar Lomba Menghias Donat untuk Sekolah Dasar (SD) pada bulan Februari lalu, Ion's Culinary College kembali akan menggelar Lomba Kreasi Isi Lumpia untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada Minggu 30 April mendatang di Ion's Culinary College jalan C Simanjuntak no 50, Yogyakarta.

Yopie Syeh Ibrahim Culinary College menjelaskan event ini merupakan event berjenjang yang digelar setiap tiga bulan. Setelah pada tingkat SMP, selanjutnya akan menyusul tingkat SMA atau SMK.

"Lomba ada beberapa level. Kemarin TK dan SD. Per tiga bulan akan ada kegiatan lomba dan ini kategori SMP menghias lumpia," jelas Yopie di kantornya, Jumat (21/4/2017).

Dipilihnya lumpia menurut Yopie sesuai dengan tingkatan usia anak. Contohnya pada usia SD menghias, SMP mengkreasi, dan SMA olah menu semua sudah disesuaikan dengan kemampuan anak.

"SD nggak boleh kontak dengan api contohnya. Kenapa SMP mengkreasi? Karena SMP banyak pola pikir dan sesuatu baru," ujarnya.

Lanjutnya, lomba kreasi lumpia ini digelar untuk umum. Tidak ada batasan dari mana asal sekolah para peserta.

Peserta juga dibebaskan berkreasi dengan bahan isian lumpia. Peserta pun tak perlu khawatir karena alat masak telah disiapkan oleh pihak penyelenggara.

"Nantinya lomba akan dimulai pukul 08.00 hingga 14.00," ucapnya.

Lomba yang menargetkan pengenalan dan teknik yang baik dan benar dalam memasak tersebut akan memperebutkan piala bergilir dan uang pembiaan.

Yopie pun menjelaskan lomba kali ini tidak bekerjasama dengan pihak lain maupun sekolah tertentu, alasannya agar perlombaan lebih baik dan murni berorientasi pada edukasi.

"Saya mendesain lomba ini untuk edukasi. Kami tidak ada kerjasama dengan pihak sekolah. Kami mandiri mengadakan, tahun 2017 tidak bekerjasama sehingga tidak disisipkan dengan bisnis. Edukasi tetap harus edukasi. Nantinya, uang pembinaan untuk juara 1 Rp350 ribu, juara 2 Rp250 ribu, dan juara tiga Rp150 ribu," jelasnya.

Dalam penilaian lomba, juga telah disiapkan chef khusus dan berkompeten. Yopie menambakan, selain piala bergilir dan uang pembinaan, peserta lomba juga mendapat potongan 10 persen untuk semua kelas regular di Ion's Culinary College.

"Kami selalu ingatkan peserta bahwa ada chef khusus. Kita akan liat hasrat mereka pada kuliner," cetusnya.

Untuk pendaftaran, lomba mengkreasi lumpia tersebut akan dibuka hingga tanggal 29 April. Peserta cukup melakukan regestrasi senilai Rp75 ribu. (*)

Penulis: app
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help