TribunJogja/

Kisah Inspiratif

Sungguh Mulia, Pasutri Mendirikan Sekolah Gratis Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Ia pun mengorbankan ruang tamu rumahnya untuk tempat belajar ini, karena memang tidak mampu memiliki ataupun menyewa gedung

Sungguh Mulia, Pasutri Mendirikan Sekolah Gratis Untuk Anak Berkebutuhan Khusus
SURYA/GALIH LINTARTIKA
Umar, pendiri SLB untuk anak berkebutuhan khusus di Pasuruan 

TRIBUNJOGJA.com, PASURUAN - Pagi itu, hari tampak cerah. Sinar matahari pun memancar sangat sempurna. Puluhan anak-anak terlihat melangkah menuju sekolahnya.

Sekumpulan siswa tampak berpisah dengan temannya. Ternyata, sekumpulan anak itu masuk ke dalam SLB Bhineka, yang terletak di Kelurahan Glanggang, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan.

Secara sepintas, kondisi fisik mereka tidak ada yang berbeda, namun ternyata mereka adalah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Sekolah itu berdiri berkat perjuangan dan kegigihan pasangan suami istri (pasutri) Umar (52) dan Salma (30).

Mereka adalah pasangan yang kompak karena memiliki jalan pemikiran yang sama, yakni mendirikan sekolah khusus ABK di Pasuruan. Keinginan pasangan ini pun tak mudah diwujudkan karena butuh kerja keras untuk bisa mencapai tahap seperti ini.

Harian Surya berkesempatan berkunjung ke sekolah yang berdiri sejak tahun 1996 ini. Suasana sekolah ABK ini tampak seperti sekolah pada umumnya, tidak ada yang istimewa.

Namun, kisah pasutri sangat luar biasa. Banyak manis pahitnya perjuangan yang mereka alami dalam membangun sekolah ini.

Mereka membangunnya secara mandiri, karena sempat kesulitan mendapatkan donator atau penyangga dana.

Kepada Surya, Umar mengaku alasan terkuat membangun sekolah ini karena panggilan hati. Ia mengaku sangat miris melihat ABK di sekitar lingkungan rumah istrinya yang tidak terawat dan tidak terpikirkan masa depannya.

Kala itu, ia pun merasa sangat iba dan ingin membuat sesuatu yang bisa bermanfaat untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus itu.

Halaman
123
Editor: mon
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help