TribunJogja/

Rawan Ambruk, Keberadaan Tower Ilegal di Yogya Disebut Bisa Membahayakan Warga

Kebanyakan bangunan tersebut tidak ditutup tanah dengan sempurna. Sehingga, rawan roboh jika tertiup angin kencang.

Rawan Ambruk, Keberadaan Tower Ilegal di Yogya Disebut Bisa Membahayakan Warga
ist
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Keberadaan menara telekomunikasi atau tower ilegal di sejumlah titik di Kota Yogya dinilai membahayakan warga di sekitarnya.

Pasalnya, kebanyakan bangunan tersebut tidak ditutup tanah dengan sempurna. Sehingga, rawan roboh jika tertiup angin kencang.

Forum Pemantau Independen Pakta Integritas (Forpi) Kota Yogyakarta, juga melakukan pemantauan terhadap keberadaan tower telekomunikasi yang ilegal di Jalan Veteran, Warungboto.

Koordinator Forpi, Winarta, menjelaskan dari hasil pantauan nampak jelas masih ada sisa-sisa galian tanah yang berada di sekitar menara.

“Sisa galian tanah tersebut masih berserakan dan bekas galian tidak ditutup kembali. Pengerjaan yang tergesa-gesa dan dilakukan pada malam hari, sangat memungkinkan segala sesuatu yang dipasang di tower menjadi tidak sempurna dan dapat membahayakan warga sekitar,” jelasnya, kemarin.

Pemkot dituding tidak serius dalam menindak tegas pendirian tower tersebut. Sebab, sari sekian banyak tower-tower ilegal yang masih berdiri tegak, hanya satu yang baru dirobohkan yakni di depan kantor DPRD Kota Yogyakarta.

“Mengapa hanya baru satu yang dirobohkan, padahal jumlah tower yang ilegal masih banyak dan belum ada tindakan tegas hanya berupa teguran secara lisan,” tanya Winarta.

Dia menambahkan, pihaknya mendesak Satuan Polisi Pamong Praja Kota Yogyakarta untuk segera melakukan tindakan tegas berupa penyegelan. Jika perlu, imbuhnya, tower tersebut dirobohkan karena melanggar aturan. (*)

Penulis: ais
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help