TribunJogja/

Lima Negara Ini Umurnya Hanya Puluhan Hari, Bahkan Ada yang Hanya 12 Jam

Negara yang dibentuk saat Perang Saudara Nigeria pecah di tahun 1967 ini hanya berusia kurang lebih 12 jam.

Lima Negara Ini Umurnya Hanya Puluhan Hari, Bahkan Ada yang Hanya 12 Jam
All free download.com
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Negara-negara yang kita kenal saat ini bisa berumur panjang karena mampu bertahan dari segala permasalahan yang pernah menimpanya. Namun, ada pula negara yang tumbang dalam hitungan hari dan bahkan jam, akibat tidak mampu bertahan dari segala masalah yang menggempurnya.

Berikut lima negara berumur paling pendek sepanjang sejarah seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Republik Benin

Nama Republik Benin mungkin terdengar sangat asing di telinga kita. Wajar saja, negara yang dibentuk saat Perang Saudara Nigeria pecah di tahun 1967 ini hanya berusia kurang lebih 12 jam.

Konflik tersebut pecah karena orang-orang Igbo ingin memisahkan diri dari Nigeria dan membentuk negara sendiri.

Dokter Albert Okonkwo yang diangkat sebagai pemimpin daerah pendudukan dan penyebar propaganda Biafran secara tergesa-gesa mengumumkan berdirinya Republik Benin karena pasukan federal Nigeria mulai menyerang.

Itu dilakukan pada 20 September 1967. Okonkwo dan kelompoknya berniat untuk segera mendaftarkan keanggotaan negara baru tersebut ke PBB.

Namun keesokan harinya yakni 21 September 1967, tentara federal Nigeria bersama pasukan Inggris berhasil memasuki Kota Benin dan menggulingkan negara yang baru berusia beberapa jam itu.

2. Carpatho-Ukraina, Berusia Kurang dari 24 Jam

Sama halnya dengan Republik Benin, negara Carpartho-Ukraina yang ada di wilayah Cekoslowakia tumbang dalam waktu kurang dari 24 jam setelah dideklarasikan.

Halaman
123
Penulis: say
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help