TribunJogja/

Viral Medsos

Tradisi Unik Gosok Tubuh Bayi Gunakan Teh untuk Hilangkan Rewel, Ternyata Muncul Benda Mirip Duri

Menggosok tubuh bayi menggunakan teh merupakan tradisi yang telah sering dilakukan keluarganya di daerah Kalimantan Barat.

Tradisi Unik Gosok Tubuh Bayi Gunakan Teh untuk Hilangkan Rewel, Ternyata Muncul Benda Mirip Duri
Facebook/Mell Zhen
Tubuh bayi ini mengeluarkan benda berwarna hitam setelah digosok menggunakan teh. Tradisi unik itu biasa dilakukan masyarakat Kalimantan Barat agar bayi tidak rewel. 

TRIBUNJOGJA.COM - Ribuan netizen dibuat terheran-heran dengan video dan foto tak biasa yang belakangan santer dibicarakan di media sosial. Tubuh bayi mengeluarkan benda berwarna hitam yang mirip duri setelah digosok menggunakan teh.

Video dan foto itu dibagikan pemilik akun Facebook Mell Zhen pada Minggu (9/4/2017). Terlihat, benda kecil warna hitam muncul di kulit si bayi.

Di postingannya Mell mengatakan, menggosok tubuh bayi menggunakan teh merupakan tradisi yang telah sering dilakukan keluarganya di daerah Kalimantan Barat.

Cara seperti itu diyakini dapat menghilangkan panas dalam dan membuat bayi dapat tidur pulas.

Menurutnya, setiap bayi pasti memiliki benda tersebut. Apabila tubuh bayi telah digosok menggunakan teh dan ke luar duri, sebaiknya biarkan saja hingga akhirnya rontok sendiri.

Berikut postingan lengkap Mell.

"Cobain pake teh kluar duri nya lebih banyak. Kmren2 pake air garem kluar cuma dikit #kykduri #bukandaki.

Ini tiap bayi pasti ada yah biasanya anak 30-100 harian pasti ada. bukan anak gw doang. Yang ngerti ginian biasa org tua jaman dulu turun menurun. Ini tradisi keluarga saya. Kalo org Kalimantan Barat pasti tau deh. Kalo disangkut pautin sama medis ya ga nyambung scr ini kan tradisional.

Panas dalam atau bayi susah tidur. Caranya coba siapkan nyiam cha (teh pekat) merk apa aja dengan air hangat di gosok ke seluruh badan bayi, nanti keluar hitam2 kyk duri gtu (bukan daki, bukan bulu yg bergumpal tapi kyk duri2 gt). Nanti dibiarin aja duri-durinya jangan dicabut lama-lama bisa copot sendiri (biasa sekitar 1 minggu udah rontok).

Serem liat nya? Ya lebih serem lagi kalo tuh duri2 di dalem badan tp ga dikeluarin
malah abis keluar anak gw anteng pules bobonya senyam-senyum terus malah. Dan suara yg nanggis itu suara kokonya. Bukan suara yg di urut.

Update hari ini. Abis kluarin duri2 di punggung si dede tidurnya lama, udah 2 malem tidur pules. Kalo bangun main bentar senyum-senyum trs lalu bobo lagi super anteng ga kyk kemaren2 malem2 begadang mulu agak cengeng rewel. Tiap hari kek tidurnya begini jd mama kalo malem bs bobo cantik."

Saat berhasil dihubungi TribunJogja.com, Mell menuturkan bahwa tradisi seperti itu biasa dilakukan pada bayi berusia satu hingga dua bulan. Bayi akan tidur lebih pulas dan tidak terlalu banyak menangis setelah digosok menggunakan teh pekat.

Benda warna hitam yang mirip duri itu katanya, adalah bulu-bulu dari dalam tubuh bayi yang memang harus dikeluarkan agar lebih nyaman.

"Bukan bulu-bulu luar tubuh yang menggumpal. Itu yang buat bayi ga nyaman rewel dan susah tidur. Jadi kalau duri-durinya udah ke luar si bayi nyaman. Karena saya juga udah praktek ini bener-bener bukan bulu yang menggumpal. Bulu-bulu punggung anak saya masih utuh sebelum dan sesudah digosok," ungkapnya.

Penulis: say
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help