Home »

Jawa

Waspadai Hama Wereng Bisa Kebal Pestisida

Kalangan petani di Klaten diminta mewaspadai resistensi atau kekebalan hama wereng punggung cokelat terhadap pestisida.

Waspadai Hama Wereng Bisa Kebal Pestisida
Tribun Jogja
Sejumlah petani melakukan semprot massal pada lahan pertanian padi yang terserang wereng di Patihan, Gadingsari, Sanden pada Selasa (9/2/2016) 

Laporan reporter Tribun Jogja, Angga Purnama

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Kalangan petani di Klaten diminta mewaspadai resistensi atau kekebalan hama wereng punggung cokelat terhadap pestisida.

Pasalnya kondisi tersebut dapat berdampak pada serangan hama wereng yang lebih ganas.

Sekretaris II Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Klaten, Atok Susanto mengatakan hama wereng dapat menjadi kebal pestisida lantaran beberapa faktor.

Antara lain penyemprotan yang tidak serentak yang dilakukan petani.

"Kondisi ini membuat wereng tidak terpapar pestisida secara penuh karena masih memungkinkan untuk berpindah ke lahan tanam padi yang belum disemprot," katanya, Jumat (14/4/2017).

Kedua, wereng dapat berganti kulit apabila terpapar zat kimia.

Pascapergantian kulit tersebut, wereng menjadi lebih kebal terhadap zat kimia yang terkandung pada pestisida yang disemprotkan.

"Ini terjadi bila petani salah memilih pestisida. Pestisida tidak langsung mematikan wereng, sehingga memberikan kesempatan hama menjadi lebih resisten," ungkapnya.

Menurutnya kondisi tersebut juga dapat terjadi bila penyemprotan yang dilakukan salah.

Pasalnya petani cenderung penyemprot bagian atas tanaman, sementara wereng berada di batang bagian bawah atau beberapa sentimeter di atas tanah.

"Penyemprotan seperti ini justru mematikan predator alami hama. Sehingga justru membuat serangan hama semakin ganas karena tidak ada pengendali alaminya," ujar Atok. (tribunjogja.com)

Penulis: ang
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help