TribunJogja/

Tak Ingin Mengantuk Usai Makan Siang? Lakukan Hal Ini

Ketika makan siang yang dimakan lebih banyak dari yang diperlukan tubuh, maka kadang insulit meningkat tajam.

Tak Ingin Mengantuk Usai Makan Siang? Lakukan Hal Ini
tribunjogja/harisusmayanti
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Setelah makan siang, harusnya tubuh mendapat asupan nutrisi dan energi untuk kembali melanjutkan akitvitas. Tapi kadang bukannya berenergi, mata malah jadi ngantuk berat.

Kalau ini selalu terjadi di jam-jam sekolah kan gawat, bisa-bisa malah nggak konsentrasi belajar.

Menurut ahli nutrisi dan fitnes asal India, Luke Countinho menjelaskan ada dua hal yang menyebabkan seseorang gampang ngantuk setelah makan siang.

Makan siang terlalu banyak

Ketika makan siang yang dimakan lebih banyak dari yang diperlukan tubuh, maka kadang insulit meningkat tajam.

Menurut Countinho, meningkatnya pelepasan insulin juga akan memicu produksi hormone tidur. Itulah yang menyebabkan kita mengantuk setelah makan siang.

"Ketika Anda makan lebih dari yang diperlukan tubuh, kadar insulin Anda akan melonjak. Apapun makanan yang Anda konsumsi, pankreas memproduksi insulin untuk mengontrol kadar gula darah. Ketika Anda makan lebih banyak, pankreas juga harus memproduksi lebih banyak insulin. Dengan meningkatnya pelepasan insulin, ada dua hal yang terjadi, tubuh Anda memproduksi hormon tidur dan hormon itu mencapai ke otak yang kemudian dimetabolisme menjadi serotonin dan melatonin. Melatonin ini juga merupakan hormon tidur," jelas Coutinho.

Kandungan karbohidrat terlalu tinggi

Saat kita mengonsumsi menu tinggi karbohidrat saat makan siang, tubuh akan mengeluarkan banyak energi untuk mencerna makanan tersebut.

"Saat Anda makan berlebihan, sistem pencernaan Anda menggunakan 60-75 persen energi tubuh untuk mencerna makanan. Oleh karenanya tubuh Anda mengalihkan energi dari anggota tubuh lainnya pada sistem pencernaan," ujar Coutinho.

Saat tubuh harus mengeluarkan banyak energi untuk mencerna makanan, itulah yang menyebabkan kantuk dating. Nggak hanya menu tinggi karbohidrat yang menyebabkan kita ngantuk setelah makan siang, menu kaya protein pun juga punya dampak sama.

Jadi, ada baiknya kita menghindari makanan berlebih dan menu tinggi karbohidrat atau protein saat makan siang biar nggak gampang ngantuk, nih. (hai-online)

Editor: oda
Sumber: Hai
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help