TribunJogja/

Pekan Raya Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Asah Kepekaan Sosial

Ada display flora dan fauna di beranda kampus, ada pameran konservasi biodefersitas, antara lain dari Indonesia Dragonfly Society, Kutilang

Pekan Raya Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Asah Kepekaan Sosial
ist
Pekan Raya Biologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM - Selama 2 hari (15-16/2017) Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga terlihat semarak.

Ada display flora dan fauna di beranda kampus, ada pameran konservasi  biodefersitas, antara lain  dari Indonesia Dragonfly Society, Kutilang, Biolaska Saintek UIN Suka, KS Biodiversitas UNS, Bionic UNY, KS Biologi UAJY, Pusat Studi Lingkungan USD Yogyakarta, Food Court, dan Indo Jaya Susuki.

Ada juga talkshow tentang pelestarian biodiversitas yang menghadirkan nara sumber Listiana dan Atena dari World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia, juga Wida Wisudaningrum dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam Propinsi DIY, serta melibatkan zitisen pecinta biodiversitas Indonesia (Kanopi, Atlas Burung Indonesia-ABI dan Silva Gama).

Acara ini juga dimeriahkan  pentas kreasi seni dan budaya dari Capung Indonesia, Kanopi Indonesia, Abi Silvagama, UKM Al-Mizan, UKM Cepedi, Ikamaru, Sanggar Tari Citra Budaya, Slorock Music, Harmony Music, Sajak Aminah dkk, Biology Artist, Stand Up Comedy Biology, Special Short Movie of Pekan Raya Biology.

Semua itu terangkum dalam satu event Pekan Raya Biologi 2017, yang digagas oleh para mahasiswa Prodi Biologi dan Pendidikan Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga Yoyakarta.

Ditemui disela-sela penyelenggaraan,  Ketua Panitia Pekan Raya Biologi, Adrian Muhammad Ikrom menjelaskan, event seperti ini sudah berlangsung selama 4 kali dalam 4 tahun terakir ini.

Ajang ini digagas sebagai upaya untuk melatih kepekaan semua mahasiswa Prodi Biologi dan Pendidikan Biologi di kampus putih ini terhadap segala permasalahan yang dihadapi masyarakat dan permasalahan kelestarian biodiversitas Indonesia.

Karena melalui ajang ini bisa melibatkan semua mahasiswa.

Selain kegiatan di atas, sebelumnya para mahasiswa juga diterjunkan ke masyarakat untuk melaksanakan agenda kegiatan pemberdayaan masyarakat, dengan lokasi di Desa Kalipakem, di Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul.

Kegiatan yang dilaksanakan meliputi; Mahasiswa mengajar  dan pembuatan perpustakaan mini di SD Muhammadiyah 2 Pundong, pelatihan pembuatan baglog jamur bagi masyarakat Kalipakem, penanaman pohon buah-buahan di lahan-lahan kosong di Desa Kalipakem, dan kerja bakti membersihkan lingkungan dan pemakaman bersama masyarakat Kalipakem. 

Halaman
12
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help