TribunJogja/

Menengok Potret Pembuat Arang Kayu Tradisional di Desa Jatimulyo Kulonprogo

Saat ini, arang sudah semakin jarang dipakai karena tergusur oleh jenis bahan bakar fosil maupun gas dan briket.

Menengok Potret Pembuat Arang Kayu Tradisional di Desa Jatimulyo Kulonprogo
Tribun Jogja/ Singgih Wahyu Nugraha
Proses pembuatan arang tradisional di Desa Jatimulyo, Kulonprogo 

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Arang kayu dahulu jamak digunakan masyarakat sebagai bahan bakar untuk berbagai keperluan.

Saat ini, arang sudah semakin jarang dipakai karena tergusur oleh jenis bahan bakar fosil maupun gas dan briket.

Namun begitu, bukan berarti produksi arang secara tradisional itu lenyap seketika. Di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo masih bisa dijumpai sedikit warga yang memproduksi arang secara tradisional di pekarangan rumahnya.

Seperti yang dilakukan Arif (50), warga Pedukuhan Sedoyong Kembang. Pria ini sudah bertahun-tahun menekuni usaha pembuatan arang.

Saat ditemui, dirinya tengah sibuk memantik bara api untuk pembuatan arang. Kayu-kayu mentah tersusun sedemikian rupa di depannya.

Jarak susunan antar kayu sedemikian rapat membentuk semacam kubus. Arif mengerjap-kerjapkan matanya ketika gumpalan asap tebal berwarna putih dari dalam kubus kayu itu menghampiri wajahnya dan membuat perih matanya.

Musim hujan begini, sedikit banyak membuat pekerjaannya terganggu karena kayu cenderung basah dan menyulitkan proses pembakaran. Asap hasil pembakaran pun jadi lebih tebal tercipta.

“Musim hujan jadi susah, prosesnya jadi lama. Rata-rata bikinnya dua hari jadi tapi kalau hujan sering turun begini ya mungkin bisa lebih lama,” kata Arif.

Proses pembuatan arang yang dilakukannya terbilang sederhana dan sangat tradisional. Kayu-kayu mentah disusun sedemikian rupa dan berjarak rapat membentuk semacam bentuk kubus dengan celah sempit di bagian bawah.

Celah ini berfungsi sebagai tungku pembakaran utama untuk tempat api berkobar dan membakar kayu.

Halaman
12
Penulis: ing
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help