Home »

Techno

» News

Lindungi Data! 4 Kewajiban Pengguna ‘Mobile Banking’ di Smartphone

Mobile malware atau mobile malicious software merupakan perangkat lunak berbahaya yang menyerang perangkat mobile seperti smartphone.

Lindungi Data! 4 Kewajiban Pengguna ‘Mobile Banking’ di Smartphone
Net
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Sistem pembayaran menggunakan smartphone seperti mobile banking ataupun internet banking memicu berkembangnya beragam malware.

Mobile malware atau mobile malicious software merupakan perangkat lunak berbahaya yang menyerang perangkat mobile seperti smartphone maupun tablet.

Tujuannya adalah merusak sistem operasi atau aplikasi bahkan pula melakukan pencurian data pribadi maupun data perbankan.

Untuk itu, agar  keamanan transaksi perbankan dengan perangkat mobile kita lebih terjaga, berikut ini ada empat langkah  yang sebaiknya sering dilakukan pengguna mobile banking atau internet banking di smartphone, seperti dikutip dari sinyal.co.id.

1. Pasang anti-virus/anti-malware yang terpercaya di perangkat yang belum dilengkapi anti-virus/anti-malware. Bila sudah, jangan lupa untuk terus rutin memperbaharui anti-virus/anti-malware tersebut.

2. Sebaiknya hanya melakukan instalasi perangkat lunak mobile dari aplikasi resmi.

3. Tidak melakukan instalasi perangkat lunak yang mencurigakan dan meminta izin akses yang berlebihan.

4. Tidak melakukan jailbreaking atau rooting pada perangkat mobile Anda.

Sebagai informasi, jailbreaking atau rooting adalah suatu modifikasi pada sistem operasi perangkat mobile iOS (Jailbreaking) atau Android (Rooting) yang bertujuan untuk memperoleh akses penuh terhadap sistem operasi.

Sayangnya, karena jadi lebih “terbuka”, perangkat mobile menjadi lebih rentan dari bahaya mobile malware. (sinyal)

Editor: oda
Sumber: Sinyal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help