Tambang Ngawen yang Longsor Tak Ada Izin, Polisi Akan Panggil Pemilik Usaha

Pihaknya sudah memeriksa saksi-saksi, namun belum memeriksa saksi dari pemilik CV Utami, pelaku usaha tambang.

Tambang Ngawen yang Longsor Tak Ada Izin, Polisi Akan Panggil Pemilik Usaha
Tribun Jogja/ Rendika Ferri K
Tim SAR gabungan menemukan jenasah Tugiyem (75) korban longsor bukit Dusun Jentir, Desa Sambirejo, Kecamatan Semin, Gunungkidul, DIY, Minggu (5/3/2017) 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Kepolisian Resort Gunungkidul menemukan adanya indikasi penyalahgunaan izin penambangan di lahan pertambangan yang longsor dan menelan korban nyawa di Dusun Jenthir, Desa Sambirejo, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Gunungkidul.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Nugrah Trihadi, mengatakan, pihaknya sudah memeriksa saksi-saksi, namun belum memeriksa saksi dari pemilik CV Utami, pelaku usaha tambang, karena mertua pemilik merupakan korban longsor.

"Kami masih akan periksa saksi dari pemilik, namun masih mempertimbangkan mertuanya yang menjadi korban longsor," ujar Nugrah, Selasa (14/3/2017).

Pihaknya juga menyelidiki, Izin tambang, Surat dengan nomor 545/ 680/ KP2TSP/ 2017 tertanggal 13 Februari 2017 yang memberikan izin untuk pertambangan operasi produksi untuk penjualan batu namun digunakan untuk eksplorasi tambang.

"Kita akan segera panggil yang bersangkutan (pemilik usaha tambang), terkait izin yang digunakan ini," ujar Nugrah.

Untuk mencegah penambangan liar di daerah lain di Gunungkidul, pihaknya akan bekerjasama dengan pemkab Gunungkidul untuk mendata ulang pemilik pertambangan, termasuk kepemilikian perizininan tambang.

"Kalau tidak berizin, ya kami akan tertibkan. Sementara masih kami data ulang,"ucapnya.

Untuk diketahui, pada Jumat (3/3/2017) sekitar pukul 18.30 WIB, sebuah bukit ambrol dan reruntuhannya menimpa rumah yang berada di bawahnya.

Dua orang pemiliknya tewas, Di lokasi merupakan lokasi pertambangan batu putih yang ditambang oleh cv utami. (*)

Penulis: rfk
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help