TribunJogja/

Ribuan Lowongan Kerja Ditawarkan di Kulonprogo Job Fair 2017

Hal ini diharapkan bisa mengakomodir kebutuhan para pencari kerja di Kulonprogo.

Ribuan Lowongan Kerja Ditawarkan di Kulonprogo Job Fair 2017
Tribun Jogja/ Singgih Wahyu Nugraha
Suasana Kulonprogo Job Fair 2017 di Hall UNY kampus Wates 

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Sebanyak 5.078 lowongan kerja dihadirkan dalam Kulonprogo Job Fair 2017, Jumat (10/3) di Hall UNY kampus Wates. 

Hal ini diharapkan bisa mengakomodir kebutuhan para pencari kerja di Kulonprogo.

Ada 48 perusahaan yang turut bergabung membuka kesempatan kerja dalam job fair yang digelar Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kulonprogo bekerjasama dengan kementerian Tenaga Kerja, Pusat Pengembangan Karir UNY, BKK Kulonprogo, serta Pusat Rehabilitasi Yakkum.

Tidak hanya wilayah Jawa Tengah-DIY melainkan beberapa perusahaan nasional dari wilayah Semarang, Kalimantan Timur, Samarinda, Jakarta, dan Batam.

Penjabat Bupati Kulonprogo, Budi Antono mengatakan, penyelenggaraan job fair tersebut strategis untuk memfasilitasi tenaga kerja dan perusahaan pengguna tenaga kerja serta mengurangi pengangguran.

Pasalnya, selama ini cenderung terjadi ketidakseimbangan antara ketersediaan lowongan kerja dengan jumlah pencari kerja sehingga terjadi kesenjangan penempatan.

“Dampaknya, tidak semua tenaga kerja menempati pekerjaan sesuai yang diharapkan. Potensi pengangguran jadi meningkat karena tidak semua pencari kerja bisa tertampung,” katanya.

Merujuk data BPS, pengangguran terbuka di Kulonprogo pada 2015 mencapai 3,72 persen atau 8.966 orang. Sedangkan menurut Disnakertrans Kulonprogo, pada 2016 jumlah pencari kerja sebanyak 2.887 orang dan penempatan mencapai 2.099 orang.

Pada 2017, hingga Februari, tercatat jumlah pencari kerja sebanyak 434 orang dan penempatan mencapai 226 orang.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kulonprogo, Eko Wisnu Wardhana mengatakan, penyelenggaraan job fair untuk memfasilitasi pencari kerja mendapatkan pekerjaan sesuai minat dan kompetensinya. (*)

Penulis: ing
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help