1.000 Buku Milik Perpusda Klaten Hilang

Buku-buku tersebut tercatat dipinjamkan secara umum kepada masyarakat.

1.000 Buku Milik Perpusda Klaten Hilang
Tribun Jogja/ Angga Purnama
Seorang pengunjung menemani putrinya membaca di Perpustakaan Daerah Klaten, Kamis (9/3/2017). Dalam 5 tahun, sekitar 1.000 buku koleksi perpustakaan daerah tak kembali 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Angga Purnama

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, sekitar 1.000 buku milik Perpustakaan Daerah Klaten tidak kembali atau hilang.

Ironisnya buku-buku tersebut hilang setelah dipinjam oleh masyarakat.Kasi Pelayanan Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Klaten, Fatwiyati mengatakan buku-buku yang dihilang mulai dari tahun 2010 hingga 2015 itu terdiri dari berbagai jenis dan judul, mulai dari pengetahuan umum hingga ilmu terapan.

Buku-buku tersebut dipinjamkan secara umum kepada masyarakat.

“Untuk peminjam memang diminta untuk mengisi data diri dengan membawa e-KTP dan KK, setelah itu diberikan kartu anggota perpustakaan yang digunakan untuk meminjam buku. Jadi siapapun yang pinjam, pasti terlacak,” katanya saat ditemui, Kamis (9/3/2017).

Menurutnya, hampir setiap tahunnya ketika dilakukan inventarisasi buku-buku yang menjadi aset Pemkab Klaten ada buku yang hilang lantaran tidak dikembalikan oleh peminjam. Beberapa buku bahkan dipinjam hingga bertahun-tahun.

“Padahal dari perpustakaan daerah sudah memberikan batasan pinjam sampai dengan 1 pekan dan bisa diperpanjang maksimal 1 pekan lagi, sehingga peminjaman sampai 2 pekan. Tapi memang ada yang melebihi batasan hingga berbulan atau bertahun-tahun,” ungkapnya.

Fatwiyati mengatakan pihaknya sudah berusaha untuk melakukan penagihan buku kepada peminjam sesuai data yang dikantongi perpustakaan daerah.

Surat pemanggilan pun sudah dilayangkan dengan harapan agar buku yang dipinjam melebihi waktu dapat kembali.

Namun jauh panggang dari api, sebagian besar pemanggilan peminjam yang mengemplang justru dihadiri oleh pihak keluarga dan mengaku tidak mengetahui jika ada buku milik perpustakaan daerah yang dipinjam. Dari situ juga diketahui bahwa peminjam sudah berada di luar Klaten. (*)

Penulis: ang
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help