TribunJogja/

Pesona Sunsire dan Keramahan Penduduk Desa Sumber Patut Anda Coba Bila Rindu Suasana Pedesaan

Suasana khas pedesaan yang sejuk serta ramah, menjadi hal yang menentramkan hati ketika berkunjung ke desa ini.

Pesona Sunsire dan Keramahan Penduduk Desa Sumber Patut Anda Coba Bila Rindu Suasana Pedesaan
Tribun Jogja/Gilang Satmaka
Pemandangan elok pagi hari di Desa Sumber merupakan salah satu desa yang terletak di Daerah Gunungkidul, Yogyakarta, tepatnya di daerah Girisuko, Panggang, Gunungkidul. 

TRIBUNJOGJA.COM - Desa Sumber merupakan salah satu desa yang terletak di Daerah Gunungkidul, Yogyakarta, tepatnya di daerah Girisuko, Panggang, Gunungkidul.

Desa tersebut memang kurang terkenal di masyarakat dibanding desa-desa pesisir pantai di Gunungkidul.

Letaknya yang hanya sebagai jalur lalu lintas ke berbagai tempat wisata, membuat masyarakat di Yogyakarta tidak mengenal lebih potensi alam di desa Sumber.

Menurut Suhadi salah seorang mantan kepala desa Sumber, nama desa tersebut diambil karena melimpahnya air di desa itu.

"Desa ini mempunyai air yang melimpah, tidak seperti kebanyakan desa yang berada di Gunungkidul. Dulu ditemukan sumber air di dekat sebuah hutan di desa ini", ujar Suhadi.

Suhadi menambahkan bahwa, para warga setempat langsung membuat pipa-pipa saluran untuk menyalurkan air ke rumah-rumah penduduk dari mata air yang terus mengalirkan air tersebut.

"Sampai sekarang, sumber mata air tersebut tidak pernah kering dan terus mengalirkan air yang bersih, oleh sebab itu desa ini dinamakan desa Sumber", papar Suhadi.

Jalan berliku nan hijau Desa Sumber merupakan salah satu desa yang terletak di Daerah Gunungkidul, Yogyakarta, tepatnya di daerah Girisuko, Panggang, Gunungkidul.
Jalan berliku nan hijau Desa Sumber merupakan salah satu desa yang terletak di Daerah Gunungkidul, Yogyakarta, tepatnya di daerah Girisuko, Panggang, Gunungkidul. (Tribun Jogja/Gilang Satmaka)

Jalan Imogiri

Menuju ke Desa Sumber, Anda akan melewati jalan Imogiri.

Anda hanya perlu mengikuti jalan tersebut hingga bertemu pertigaan Jalan Bibal, lalu belok ke kiri.

Halaman
123
Penulis: gsk
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help