Home »

Jawa

Kebumen Luncurkan Angkutan Gratis di 26 Kecamatan

Pemkab Kebumen tahun ini mengalokasikan anggaran sebesar Rp 3,75 miliar untuk program angkutan gratis.

Kebumen Luncurkan Angkutan Gratis di 26 Kecamatan
dok. pemkab kebumen
Bupati Kebumen meluncurkan angkutan gratis untuk warga miskin, Minggu (5/3/2017). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rento Ari Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM, KEBUMEN - Menyusul kesuksesan uji coba angkutan gratis di tiga kecamatan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen akhirnya memberlakukan program ini di seluruh wilayahnya.

Angkutan gratis ini berlaku bagi pelajar miskin dan warga miskin di seluruh kecamatan di Kabupaten Kebumen.

Peluncuran angkutan gratis untuk 26 kecamatan itu dilakukan oleh Bupati Mohammad Yahya Fuad, di Lapangan Tumbak Keris Petanahan, Minggu (5/3/2017).

Peluncuran program unggulan bupati itu ditandai dengan pemukulan gong dan penempelan stiker oleh bupati.

Bupati Mohammad Yahya Fuad mengatakan, Pemkab Kebumen tahun ini mengalokasikan anggaran sebesar Rp 3,75 miliar untuk program angkutan gratis. Anggaran tersebut bersumber dari APBD 2017.

"Dari hasil evaluasi dari tiga kecamatan kemarin ternyata sangat membantu keluarga miskiin. Sehingga program ini kita terapkan di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Kebumen," kata bupati dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunjogja.com dari Humas Pemkab Kebumen, Minggu sore.

Bupati berharap, program yang diberi nama Pakis Gamis (Pelayanan Angkutan Gratis Bagi Pelajar Miskin dan Warga Miskin) tersebut dapat menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Kebumen.

"Kita ingin menurunkan pengeluaran masyarakat miskin dan menaikan pendapatan mereka. Program angkutan gratis salah satu program untuk menekan pengeluaran masyarakat," ujar Bupati.

Dengan adanya layanan itu, dia berharap, tidak ada lagi anak-anak yang tidak sekolah karena tidak memiliki ongkos untuk naik angkutan.

Halaman
12
Penulis: toa
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help