Puro Pakualaman Nyatakan Trah Sis Tjakraningrat Keturunan Sah PB X

Pihak Pura Pakualaman bersuara bahwa keturunan sah dari Paku Buwono X adalah trah keturunan M Sis Tjakraningrat.

Puro Pakualaman Nyatakan Trah Sis Tjakraningrat Keturunan Sah PB X
Tribun Jogja/Sulistiono
Pura Pakualaman. (ILUSTRASI) 

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO – Cerita lain dalam polemik klaim kepemilikan lahan Paku Alam Ground (PAG) terdampak bandara kini terungkapkan.

Pihak Pura Pakualaman bersuara bahwa keturunan sah dari Paku Buwono X adalah trah keturunan M Sis Tjakraningrat.

Hal ini diungkapkan Kuasa Hukum Pura Pakualaman, Herkus Wijayadi seusai sidang duplik dan replik atas gugatan klaim kepemilikan lahan PAG tersebut di Pengadilan Negeri Kulonprogo, Kamis (2/3/2017).

Pertemuan di Wates itu menjadi saat pertamakalinya kedua pihak bisa bertemu dan berkomunikasi.

Menurutnya, kerabat Pura Pakualaman membenarkan jika keluarga trah dari pasangan M Sis Tjakraningrat  dan GKR Pembayun adalah keturunan PB X yang sah dan diakui.

Untuk diketahui, keluarga trah M Sis Tjakraningrat ini merupakan pihak yang mengajukan gugatan intervensi atas gugatan pertama (perkara perdata bernomor 195/Pdt.G/2016/PN.Wat ) yang mengklaim kepemilikan lahan PAG terdampak pembangunan bandara.

Gugatan intervensi dilayangkan oleh tiga orang yang mengaku sebagai ahli waris sah dari BRAy Moersoedarinah (ibu GKR Pembayun) yang merupakan permaisuri PB X.

Ketiganya yakni BRAY Koes Siti Marlia, M. Munier Tjakraningrat, dan M. Malikul Adil Tjakraningrat. 

 Sedangkan perkara perdata bernomor 195/Pdt.G/2016/PN.Wat itu dilayangkan 8 orang yang juga menyebut diri sebagai cucu dan cicit dari  PB X dan BRAy Moersoedarinah. 

Pihak tergugat dalam perkara itu yakni Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X dan Direksi PT Angkasa Pura I.

Halaman
123
Penulis: ing
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help