TribunJogja/

Tiga Hal Ini Bisa Menjaga Fungsi Otak Tetap Prima Hingga Masa Tua

Tak ada yang benar-benar mencegah penurunan fungsi kognitif di masa tua.

Tiga Hal Ini Bisa Menjaga Fungsi Otak Tetap Prima Hingga Masa Tua
Shutterstock
Ilustrasi otak 

TRIBUNJOGJA.COM - Tak ada yang benar-benar mencegah penurunan fungsi kognitif di masa tua. Namun, menjaga otak tetap bekerja dengan baik dapat mengurangi penurunan tersebut.

Berikut ini tiga hal yang dapat menjaga fungsi otak di masa tua.

1. Pendidikan

Dalam sebuah studi yang diterbitkan di Neuroepidemiology yang menganalisa hasil tes memori lebih dari 11 ribu lansia di Eropa, peneliti menemukan pendidikan dapat memerangi penurunan kognitif di satu titik.

Mereka mengikuti tes mengingat di awal studi. Setiap dua tahun selama hampir satu dekade mereka mengikuti tes itu lagi.

Ketika ilmuwan membandingkan hasil-hasil tes itu dengan diagnosa demensia, mereka menemukan orang dengan pendidikan lebih tinggi tampaknya memiliki tingkat demensia lebih rendah.

Namun ketika peneliti melihat apa yang terjadi dengan mereka yang mengalami demensia, ditemukan pendidikan tampaknya tak mempengaruhi tingkat penurunan fungsi kognitif.Dengan kata lain, demensia dimulai tak peduli seberapa tinggi pendidikan seseorang.

Itu tidak berarti pendidikan bukan bagian penting dalam pencegahan demensia. Dorina Cadar, peneliti dari departemen ilmu kesehatan perilaku di University College of London dan pemimpin penelitian mengatakan, pendidikan memberi masyarakat cadangan kognitif lebih.

Sehingga, begitu penurunan kognitif dimulai, dibutuhkan lebih lama untuk mengalami efek perlambatan kemampuan berpikir yang berhubungan dengan usia.

Seperti rekening bank yang banyak, memiliki cadangan lebih banyak memberi kita ruang lebih besar untuk mengompensasi daerah-daerah di otak yang mungkin berkurang sepanjang waktu.

Halaman
123
Editor: ton
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help