UIN Gelar Sosialisasi SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN 2017

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga mensosialisasikan Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri

UIN Gelar Sosialisasi SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN 2017
Tribun Jogja/ Tris Jumali
Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga mensosialisasikan Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2017 di convention hall, lantai satu gedung UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Jumat (17/2/2017). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Tris Jumali

TRIBUNJOGJA.COM - Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga mensosialisasikan Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2017, Jumat (17/2/2017).

Acara ini dihadiri oleh Yudian Wahyudi (Rektor UIN Sunan Kalijaga), Sutrisno (Wakil Rektor Bidang Akademik 1), dan Muhammad Lutfi (Perwakilan Kepala Kanwil Kemenag DIY).

Yudian mengatakan sebetulnya dengan SPAN-PTKIN ini adalah upaya levelisasi, dengan menaikan level ke nasional, begitu juga dengan siswa-siswa yang akan mendaftar ditinggatkan levelnya.

"Sehingga diharapkan ada peningkatan kualitas dan mutu dari kedua belah pihak, bisa berkontribusi pada nasional dan juga bahkan international," tandasnya.

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/Institut Agama Islam Negeri(IAIN)/ Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh panitia pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

Perwakilan Kepala Kanwil Kemenag DIY Muhammad Lutfi menjelaskan prasyarat dan dokumen akan dibantu semuanya, dan untuk bisa menjadi sekolah terbaik, maka layanilah dan fasilitasi siswa-siswa.

Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh seluruh PTKIN harus memenuhi prinsip, adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.

Sedangkan untuk pembiayaan penyelenggaraan UM-PTKIN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementrian Agama Republik Indonesia.

Tujuan SPAN-PTKIN adalah untuk mendapatkan calon mashasiswa baru yang berprestasi akademik tinggi melalui seleksi siswa MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Muadalah.

Kemudian, untuk mendaftar UM-PTKIN calon peserta diwajibkan mengisi biodata secara online di www.um-ptkin.ac.id sehingga mendapat nomor Slip Instruksi Pembayaran dan PIN.

Pendaftaran akan berlangsung dari 10 April hingga 10 Mei 2017.

Pendaftaran untuk SPAN-PTKIN dari tangga 4 Maret hingga 7 April 2017. (tribunjogja.com)

Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help