TribunJogja/

Viral Medsos

Kisah Haru, Kakek Renta Ini Tetap Bekerja Keras Berkeliling Tawarkan Jasa Tambal Panci

Dengan tubuhnya yang sudah tua dan membungkuk, ia tetap berjalan dari kampung ke kampung, untuk menawarkan jasa tambal panci

Kisah Haru, Kakek Renta Ini Tetap Bekerja Keras Berkeliling Tawarkan Jasa Tambal Panci
Facebook/ An Dhie Kha
Pria tua tukang tambal panci di Karawan ini bikin terharu netizen. Terkadang dalam sehari tak laku sama sekali. 

TRIBUNJOGJA.COM - Melihat orang tua renta masih bekerja keras dengan sisa-sisa tenaganya sering kali menimbulkan rasa iba. Terlebih bila tahu penghasilan yang mereka peroleh tak seberapa.

Seperti tukang tambal panci di Karawang, Jawa Barat ini. Dengan tubuhnya yang sudah tua dan membungkuk, ia tetap berjalan dari kampung ke kampung, untuk menawarkan jasa tambal panci.

Kisah miris pria tersebut dibagikan pemilik akun Facebook An Dhie Kha di grup Karawang Info, Kamis (16/2/2017). Belum diketahui siapa nama pria itu.

Namun, An Dhie Kha merasa sedih karena meskipun sudah berkeliling jauh, pria itu belum tentu menemukan seorang pelanggan. Di foto yang diunggah An Dhie Kha, pria tersebut terlihat sedang beristirahat di depan sebuah rumah, dengan wajah yang terlihat lelah.

"Barusan ketemu si abah ini di jalan sebelum GOR Panatuyudha. Kasihan udah tua renta jalan udah bungkuk masih harus kerja keras jalan kaki nawarin jasa tambal panci bocor. Ditanya penghasilannya berapa, seringnya mah gak dapat sama sekali dalam sehari katanya. Dipikir-pikir lagi jaman sekarang udah jarang yang pake panci, pantes aja si Abah ini seringnya enggak dapat uang. Sok ah Baraya Karin akang/teteh kalau ketemu di jalan dibantu seikhlasnya, sedikit banyaknya insyaallah bakal bermanfaat buat si abah. Bakal bermanfaat juga buat kita buat bekal di akhirat nanti. Sehat terus ya Abah, Amiiiiin," tulis An Dhie Ka.

Menurut sejumlah netizen, pria yang berasal dari Kecamatan Karawang Timur itu juga berprofesi sebagai tukang patri. Meskipun jasa yang ia tawarkan tak terlalu laku, tapi banyak yang bersedekah padanya sehingga rezekinya terus mengalir.

"Itu udah terkenal em di kalangan mahasiswa, alhmdulilah lah rejekinya si bapak ada terus," kata Mohammad Dicky.

Ada pula yang menuturkan bahwa pria tersebut hanya berkeliling saja tanpa membawa alat tambal panci.

"Saya sering lihat kakek itu mah. Dia tuh udah enggak nambal panci, cuma bawa tanggungan doang. Lihat aja tempat pembakaran logamnya enggak ada arangnya. Kayanya itu kakek udah pikun," komentar Sehu Karawang.

Meskipun demikian, sejumlah netizen tetap tak tega dengan kondisinya. Seharusnya kata mereka, pria renta itu sudah beristirahat di rumah bersama keluarga tercinta.

"Saya pernah ketemu lagi naik. Saya nangis sebentar. Putar arah dan kasih uang yang mungkin cukup tuk beli kopi dan makan siang," kata Aztryd Stysaint Ayoe Ne menanggapi postingan itu.

"Si abah ini dari jaman saya kecil sampai sekarang profesinya matri, nambal panci. Biasanya keliling di daerah Guro 1 (gor) dan terakhir pernah lihat sampai ke daerah Klari. Semoga Allah memberikan kesehatan, panjang umur dan memberikan kemudahan rejeki untuk si abah ini. Aamiin," sahut Bunda Kirei. (*)

Penulis: say
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help