TribunJogja/

Jelang Porprov 2018, KONI Klaten Tambah Lapangan Panahan

Dengan konsep latihan semi-indoor, fasilitas itu memiliki luas 1.800 meter persegi yang dahulu digunakan oleh Perpani.

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah 2018, Komite Olahraga Nasional (KONI) Kabupaten Klaten mulai mematangkan kontingen.

Salah satunya menambah fasilitas latihan untuk cabang olahraga panahan.

Ketua Umum KONI Klaten, Otto Saksono mengatakan pembangunan lapangan panahan menempati lahan di eks kompleks Pusat Pengembangan dan Latihan Olahraga Pemuda (PPLP) Jonggrangan, Klaten Utara.

Dengan konsep latihan semi-indoor, fasilitas itu memiliki luas 1.800 meter persegi yang dahulu digunakan oleh Perpani.

“Lapangan latihan sengaja dibangun semi-indoor untuk mengantisipasi musim hujan. Sehingga latihan atlet tidak terkendala oleh cuaca,” katanya, Jumat (17/2/2017).

Menurutnya meski dibangun untuk mematangkan persiapan cabang panahan, fasilitas tersebut nantinya juga dapat dimanfaatkan oleh cabang olahraga lainnya.

Pasalnya, fasilitas tersebut cukup memadahi kebutuhan latihan olahraga, di antaranya beladiri seperti pencak silat, wushu, taekwondo, serta bisa digunakan untuk latihan senam,anggar, catur, bridge dan cabang lainnya.

“Terutama untuk olahraga beladiri, luas lapangan cukup untuk dua matras latihan,” paparnya.

Diakuinya, pembanguan fasilitas ini sempat terhenti lantara terkendala dana. Meski demikian, pembangunannya terus diupayakan dan dilakukan secara bertahap.

“Tahun 2016 lalu, pembangunan menghabiskan dana Rp 240 juta dari dana hibah APBD Klaten 2016. Digunakan untuk melakukan renovasi shelter, fasilitas MCK, gudang, hingga pagar besi.

“Rencananya tahun ini juga dipasang atap dan lantai untuk melengkapi konsep lapangan semi-indoor. Sehingga bisa digunakan untuk TC (training center) persiapan Porprov 2018. Pembangunannya menggunakan dana talangan terlebih dahulu,” ungkapnya.

Otto berharap adanya pemihakan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten pada APBD Perubahan 2017. Sehingga pembanguan fasilitas olahraga tersebut dapat segera terselesaikan. (*)

Penulis: ang
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help