TribunJogja/

Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang Masih Berpotensi Terjadi Hingga Lima Hari ke Depan

Warga DIY masih harus waspada terhadap potensi terjadinya hujan lebat disertai petir dan angin kencang hingga beberapa hari ke depan.

Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang Masih Berpotensi Terjadi Hingga Lima Hari ke Depan
tribunjogja/hening wasisto
ILustrasi: Pohon beringin di Kotabaru, Yogyakarta, ambruk akibat hujan yang disertai angin, Kamis (9/2/2017). 

TRIBUNJOGJA.COM - Warga DIY masih harus waspada terhadap potensi terjadinya hujan lebat disertai petir dan angin kencang hingga beberapa hari ke depan.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan bencana banjir dan tanah longsor, sehingga harus disiapkan langkah antisipasi sebaik mungkin.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY menyampaikan dalam rilisnya, dalam waktu sepekan ke depan, yakni Kamis (16/2/2017) hingga Rabu (22/2/2017), curah hujan berada dalam kategori menengah hingga tinggi.

Curah hujan dengan kategori tinggi lebih dari 150 mm/minggu akan terjadi hampir di seluruh wilayah Kabupaten Sleman, Kulonprogo meliputi Samigaluh, Kalibawang, Girimulyo, dan Nanggulan, serta Bantul berpotensi terjadi di Kasihan, Sewon, Banguntapan, Piyungan, Pleret dan Dlingo.

Wilayah di Kabupaten Gunungkidul yang masuk dalam kategori curah hujan tinggi di antaranya di Playen, Gedangsari, Patuk, Ngawen, Nglipar, Semin, Karangmojo, Wonosari dan Ponjong. Adapun sebagian besar Kota Yogyakarta dan wilayah selain itu diprediksi dalam kategori menengah sampai tinggi, yakni 50 mm/minggu sampai 150 mm/minggu.

Tinggi gelombang laut sepekan ke depan diperkirakan antara 1,25 hingga 2,5 meter.

Menurut BMKG, kondisi itu dipengaruhi oleh angin baratan, pola tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah selatan Indonesia, serta kondisi kelembaban udara di atas wilayah Jawa yang cukup lembab, yakni lebih dari 75 persen.

Oleh karena itu, pemerintah dan masyarakat diminta untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan menyiapkan langkah antisipasi, terkait dampak bencana yang kemungkinan ditimbulkan dari kondisi cuaca tersebut. (tribunjogja.com)

Penulis: say
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help