TribunJogja/
Home »

DIY

» Bantul

Komunikarta

[KOMUNIKARTA] Pencak Silat Persatuan Hati, Bukan Sekadar Gagah-gagahan, Tapi Juga Kejar Prestasi

Tak hanya anak pria, anak perempuan juga turut serta dalam latihan pencak silat Perguruan Pencak Siilat Persatuan Hati

[KOMUNIKARTA] Pencak Silat Persatuan Hati, Bukan Sekadar Gagah-gagahan, Tapi Juga Kejar Prestasi
Tribun Jogja/ Panji Purnandaru
Puluhan anak-anak Perguruan Pencak Silat Persatuan Hati berlatih di halaman satu rumah di Padukuhan Gabusan, Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon Bantul, Minggu (29/1/2017). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Puluhan anak-anak berkumpul di halaman satu rumah di Padukuhan Gabusan, Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon Bantul, Minggu (29/1/2017).

Mengenakan baju serba hitam, anak-anak yang rata-rata duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) tersebut kompak dalam berbagai gerakan.

Mulai dari kuda-kuda hinga tendangan mereka lakukan selaras mengikuti instruksi pelatih.

Tak hanya anak pria, anak perempuan juga turut serta dalam latihan pencak silat Perguruan Pencak Siilat Persatuan Hati tersebut.

Tidak ada raut wajah canggung meski olahraga ini identik dengan kaum adam.

Roni Paslah, salah satu pelatih menjelaskan perguruan pencak silat ini sudah berdiri sejak tahun 1912 dengan nama Be United. Semenjak tahun 1921 kemudian berganti nama menjadi Persatuan Hati.

Tidak hanya di Yogyakarta, Persatuan Hati juga terdapat di kota-kota lain seperti di Tegal, Ponorogo, dan Semarang.

Sementara pemilihan latihan di kampung Gabusan pada setiap hari Minggu dikarena alasan Persatuan Hati lahir di kampung tersebut.

Selain juga setiap Selasa dan Kamis melakukan latihan di Puri Kedaton Resto. Di mana dalam setiap latihan dibagi menjadi dua gelombang, anak-anak dan dewasa.

Di masa sekarang, Persatuan Hati selalu menekankan kepada sekitar 300 anggotanya bahwa pencak silat sebagai ajang mencari prestasi dan kesehatan. Pencak silat bukanlah ajang untuk menjadi jagoan ataupun gagah-gagahan.

Halaman
12
Penulis: app
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help