TribunJogja/

Nikmatnya Kuliner Khas Sulawesi ala Warung Ikan Bakar Katombo

Di warung yang dimiliki oleh Lidya Tiolemba dan Noviyanti Tiolemba ini, pecinta kuliner tidak perlu lagi jauh-jauh ke Sulawesi

Nikmatnya Kuliner Khas Sulawesi ala Warung Ikan Bakar Katombo
Tribun Jogja/ Hendra Krisdianto
Menu di Warung Ikan Bakar Katombo 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Gaya Lufityanti

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kekayaan laut yang menjadi unggulan daerah Sulawesi diperkenalkan secara orisinil oleh Warung Ikan Bakar Katombo.

Di warung yang dimiliki oleh Lidya Tiolemba dan Noviyanti Tiolemba ini, pecinta kuliner tidak perlu lagi jauh-jauh ke Sulawesi untuk mencicipi hidangan khasnya.

Rumah makan yang terletak di Jalan Rogoyudan 1 nomor 8 Sinduadi, Mlati, Sleman ini menawarkan citarasa Sulawesi yang menyukai rasa asin nan pedas.

Memiliki pilihan menu ikan segar berkualitas, warung ini menyajikan masakannya dengan ala minute. Artinya, pengunjung dapat memilih ikannya sendiri dan memilih ingin dimasak apa.

Ikan yang biasa tersedia di antaranya Kakap Putih, Kakap Merah, Kakap Gerik, Bawal, Baronang, Kueh, Barakuda, Kerapu Batu / Macan, Pihi / Sebelah, Surung, Katombo / Kembung, dan Selar. Selain ikan, adapun hasil laut lain yang bisa menjadi pilihan, antara lain udang, cumi, kepiting dan lobster.

“Penikmat kuliner langsung memilih ikan segar dan memilih sendiri menu masakan yang diinginkan misalnya ikan bakar, ikan bakar rica, ikan kuah asam, ikan bumbu kuning, ikan masak woku,” ujar Lidya Tiolemba.

Ikan Masak Woku sendiri menjadi favorit pengunjung yang menyantap sajian ikan di Warung Ikan Bakar Katombo. Masakan ini mengandung banyak rempah namun tetap segar saat dimakan.

Bumbu rempah, bawang merah, cabai keriting, jahe,tomat, kemiri, kunyit dan berbagai bumbu segar lah yang menjadikan hidangan ini spesial.

Teknik masak khusus juga dibutuhkan untuk memasak menu woku ini agar ikan tidak hancur. Menurut Lidya, dibutuhkan ikan minimal seberat 3 ons agar ikan tidak hancur saat dimasak. Ikan kakap putih, merah, bawal, kerapu, kakatua / napoleon adalah jenis-jenis ikan yang biasa dimasak woku.

Halaman
12
Penulis: gya
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help