TribunJogja/

Lima Jurus Agar Bisa Tidur Nyenyak di Pesawat

Bangku yang sempit, pencahayaan yang terang, sampai goncangan pesawat adalah beberapa hal yang menyulitkan pelancong untuk tidur nyenyak dalam pesawat

Lima Jurus Agar Bisa Tidur Nyenyak di Pesawat
ThinkStock
ILUSTRASI 

TRIBUNJOGJA.COM - Bangku yang sempit, pencahayaan yang terang, sampai goncangan pesawat adalah beberapa hal yang menyulitkan pelancong untuk tidur nyenyak dalam pesawat.

Padahal, tidur atau istirahat sangat dibutuhkan terutama dalam penerbangan jarak jauh.

Masalah utama dalam penerbangan jarak jauh adalah jet lag. Ini adalah kondisi ketika jam biologis tubuh tidak selaras dengan jam eksternal di luar tubuh. Gejalanya mencakup pusing, susah tidur, susah konsentrasi, dan mood yang buruk.

Sleep Specialist sekaligus Professor of Neurology dari Columbia University, Dr. Carl Bazil mengungkapkan bahwa tidur dalam pesawat adalah poin terpenting untuk mengatasi jet lag.

Mengutip situs Travel and Leisure, Rabu (25/1/2017), berikut 5 hal yang bisa membantu Anda tidur nyenyak dalam pesawat.

1. Makan sebelum naik pesawat

"Makan sebelum naik pesawat. Secara tidak langsung ini adalah kode bagi tubuh Anda bahwa 'ini waktu makan malam'," tutur Dr. Carl.                                                           

Dengan begitu, Anda juga tak perlu menunggu lama untuk makanan disajikan dalam pesawat.

2. Bawa penutup mata 

Dr. Carl menyarankan agar Anda menghindari segala jenis sumber cahaya: lampu, ponsel, gadget, dan lain-lain. Begitu pesawat lepas landas, pakailah penutup mata dan bersiaplah untuk istirahat. 

Halaman
12
Editor: dik
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help