TribunJogja/

Petani Muda Kecamatan Patuk Budidayakan Bunga Krisan

Kini, petani muda di wilayah Kecamatan Patuk sedang membudidayakan bunga krisan. Mereka difasilitasi dua greenhouse untuk pembudidayaannya.

Petani Muda Kecamatan Patuk Budidayakan Bunga Krisan
ist
Petani muda di wilayah Kecamatan Patuk sedang membudidayakan bunga krisan. Mereka difasilitasi dua greenhouse untuk pembudidayaannya. 

TRIBUNJOGJA.COM - Indonesia dikenal sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduknya mempunyai pencaharian di bidang pertanian.

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Yogyakarta melalui Taman Teknologi Pertanian (TTP) Nglanggeran, Gunungkidul memberdayakan SDM pada usia produktif untuk mengembangan teknologi pertanian di wilayah Kecamatan Patuk, Gunungkidul.

Salah satu gebrakkan dari BPTP Yogyakarta yaitu mengajak pemuda pada tingkat mahasiswa khususnya di lingkup Kecamatan Patuk untuk turut serta dalam pengembangan teknologi tersebut.

Petani muda adalah sebuah gerakan tentang optimisme generasi muda Indonesia di bidang pertanian, perkebunan dan kelautan serta perikanan.

petani muda di wilayah Kecamatan Patuk sedang membudidayakan bunga krisan. Mereka difasilitasi dua greenhouse untuk pembudidayaannya.
Workshop petani muda di wilayah Kecamatan Patuk untuk membudidayakan bunga krisan. Mereka difasilitasi dua greenhouse untuk pembudidayaannya.

Kini, petani muda di wilayah Kecamatan Patuk sedang membudidayakan bunga krisan. Mereka difasilitasi dua greenhouse untuk pembudidayaannya.

Selain itu, penanaman sudah dilakukakan dengan menanam bibit bunga krisan pada sekitar 200 polybag, 200 pot, dan sekitar 1.000 bibit untuk indukan (motherplant) bunga krisan.

“Kami dari Kementrian Pertanian mengharapkan agar petani muda dapat menjadi entrepreneur muda baru yang bisa mandiri dan memajukan desanya, serta membuka peluang bisnis dan kerja di daerahnya. Salah satu teknologi inovatif yang kami perkenalkan adalah budidaya krisan di dataran rendah, sebagai teknologi inovatif Balitbangtan yang terbukti telah mampu meningkatkan kesejahteraan petani penggunanya,” kata Dr. Trimartini Patria, S.P., M.Si., pihak BPTP Yogyakarta.

Petani muda Kecamatan Patuk berharap agar bunga krisan dapat menjadi komoditas unggul di Kecamatan Patuk.

Selain itu, mereka mengajak agar pemuda di berbagai wilayah turut serta dalam pembangunan pada sektor pertanian agar kelak menjadi tumpuan masa depan.

Salam Petani Muda. Salam Agro Inovasi. (*)

Nurullia Fitri Chandrawati
Nurullia Fitri Chandrawati

*Oleh Nurullia Fitri Chandrawati, Mahasiswi PBSI FBS UNY

Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help